Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Brighton vs Liverpool: Susunan Pemain, Liverpool Raih Tiga Poin?

Liverpool mempunyai kesempatan untuk menempati puncak klasemen Liga Inggris saat menghadapi Brighton & Hove Albion di Stadion Amex pada Sabtu (28/11/2020).
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp dan ujung tombak Mohamed Salah./LiverpoolFC.com
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp dan ujung tombak Mohamed Salah./LiverpoolFC.com

Bisnis.com, JAKARTA -Liverpool mempunyai kesempatan untuk menempati puncak klasemen Liga Inggris saat menghadapi Brighton & Hove Albion di Stadion Amex pada Sabtu (28/11/2020). Saat ini, The Reds mengoleksi 20 poin sama dengan Tottenham Hotspur yang beradi di puncak klasemen.

Masalah cedera Liverpool terus menjadi perbincangan sepanjang musim ini, sebab beberapa pemain harus absen dalam jangka waktu panjang. Namun, penampilan skuad asuhan Jurgen Klopp mengalahkan Leicester City 3-0 pada pekan lalu, menjadi jawaban bahwa mereka mampu mengatasi persoalan di timnya.

Kemenangan Liverpool akhir pekan ini bisa menjadi tekanan bagi Tottenham yang bermain di kandang Chelsea pada Ahad nanti. Jose Mourinho bakal kembali beradu strategi dengan mantan pemainnya, Frank Lampard yang kini menangani The Blues.

Klopp tentunya tak ingin timnya mengulangi kekalahan seperti yang dialami saat laga keempat Liga Champions, Rabu lalu. Secara mengejutkan Liverpool kalah 2-0 atas Atalanta di kandang sendiri, padahal pertemuan sebelumnya mereka menang 5-0 di markas Atalanta.

Hasil itu juga menjadi kekalahan pertama yang dialami The Reds dalam 137 pertandingan di bawah Klopp di pertandingan kandang kompetitif dengan lebih dari satu gol dan pertama kali dikalahkan dalam waktu 90 menit di Anfield dalam kompetisi apa pun sejak September 2018.

Mengenai rekor kandang, Liverpool tidak terlalu bagus. Pasukan Klopp hanya menang tiga laga dari 10 pertandingan tandang dan tidak satu pun itu dari tiga pertandingan terakhir mereka. Mereka belum pernah empat kali tanpa kemenangan sejak Maret 2017.

Rekor kandang Brighton juga tidak membanggakan. Seagulls tanpa kemenangan dalam delapan pertandingan di Liga Inggris terakhir dan hanya memenangkan dua dari 17 pertandingan mereka. Tetapi empat kemenangan terakhir Brighton di Liga Inggris sekarang terjadi di kandang lawan, sengan iemenangan 2-1 akhir pekan lalu atas Aston Villa.

Untuk bisa mengalahkan Liverpool, pasukan Graham Potter harus mengatasi rekor pertemuan mereka. Mereka telah kalah dalam sembilan pertemuan terakhir dengan The Reds, Brighton dengan skor agregat 27-7. Musim lalu, mereka kebobolan dua kali dalam delapan menit pembukaan di musim lalu.

Faktanya, Brighton tidak pernah menang saat melawan Liverpool di kandang. Satu-satunya kemenangan mereka saat pertandngan Dividi Dua pada Januari 1961.

Terkait kondisi tim. Liverpool diprediksi masih akan bermain tanpa beberapa pemain kunci ketika bermain di kandang Brighton.

Mohamed Salah yang sebelumnya sudah dimainkan saat melawan Atalanta, kemungkinan besar bakal diturunkan lagi. Musim ini, pemain internasional Mesir itu telah mengemas lima gol dan tiga assist dalam enam pertandingan Liga Inggris.

Diogo Jota yang sebelumnya absen saat kalah melawan Atalanta, menunjukkan posisinya semakin penting dan tidak bisa dianggap sebagai cadangan untuk tiga penyerang utama. Kini Klopp bisa dikatakan memiliki empat penyerang, dengan Roberto Firmino dan Sadio Mane.

Di lini pertahanan dan lini tengah, Klopp memiliki pilihan terbatas. Fabinho, gelandang bertahan, kemungkinan besar akan kembali diplot di jantung pertahanan berduet dengan Joel Matip.

Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan trent Alexander-Arnold, dipastikan masih tetap absen pada pertandingan ini. Sementara kuartet lini tengah, Thiago Alcantara, Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain dan Xherdan Shaqiri, diperkirakan juga absen lagi.

Kapten Jordan Henderson telah bergabung kembali dalam latihan pada Kamis kemarin. Dia berpeluang dimainkan lagi sebagai starter.

Brighton juga mempunyai masalah cedera. Mereka bisa kehilangan tujuh pemain, meski sebagian besar masih tersedia.

Tim tuan rumah dipastikan tanpa Tariq Lamptey karena skorsing menyusul kartu merah yang diterimanya saat melawan Aston Villa. Sementara Adam Lallana masih diragukan bisa bermain melawan bekas klubnya, terkait dengan cedera pangkal paha yang dideritanya.

Leandro Trossard kembali bisa dimainkan. Sedangkan, Solly March, Davy Propper dan Aaron Connolly juga diharapkan bugar untuk pertandingan Sabtu nanti.

Alexis Mar Allister akan absen karena virus corona. Sementara, Florin Andone, Jose Izquierdo, dan Christian Walton, kemungkinan juga tidak akan terlibat dalam laga tersebut.

Danny Welbeck berpeluang diturunkan lagi, setelah turut berperan dalam kemenangan di markas Aston Villa 2-1. Pada laga itu, Welbeck mencetak gol pertama bagi timnya pada menit ke-12.

Prediksi susunan pemain Brighton vs Liverpool:

Brighton: Mathew Ryan (GK); Ben White, Lewis Dunk, Adam Webster; Joel Veltman, Yves Bissouma, Pascal Gross, Solly March; Leandro Trossard; Danny Welbeck, Neal Maupay

Liverpool: Alisson (GK); Neco Williams, Joel Matip, Fabinho, Andy Robertson; James Milner, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane; Diogo Jota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper