Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemanasan Piala Dunia 2022, Qatar Tuan Rumah Piala Arab 2021

Qatar, tuan rumah Piala Dunia 2022 tanpa pernah lolos sebelumnya ke putaran final, ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Arab tahun depan.
Penyerang andalan Timnas Qatar Almoez Ali./Reuters/Polar Olivares
Penyerang andalan Timnas Qatar Almoez Ali./Reuters/Polar Olivares

Bisnis.com, JAKARTA – Federation Internationale de Football Associations (FIFA) memastikan Qatar menjadi tuan rumah turnamen Piala Arab pada Desember 2021 yang akan menampilkan 22 tim dari seluruh dunia Arab dan menjadi turnamen pemanasan menjelang Piala Dunia 2022 di negara Teluk itu.

FIFA menyatakan Aljazair, Bahrain, Comoros, Djibouti, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Mauritania, Maroko, Oman, Palestina, Qatar, Arab Saudi, Somalia, Sudan, Suriah, Tunisia, Uni Emirat Arab dan Yaman akan ambil bagian dalam turnamen tersebut.

"Melalui sepak bola, turnamen ini akan menyatukan sekitar 450 juta orang dari seluruh kawasan tersebut," kata Presiden FIFA Gianni Infantino dalam kunjungan ke Stadion Lusail yang menjadi salah satu dari delapan venue Piala Dunia Qatar.

Sebelumnya Arab Nations Cup diadakan tak pasti dengan cuma sembilan turnamen digelar dari 1963 sampai 2012.

"Ini akan menjadi tonggak penting dan ujian terakhir untuk persiapan kami, hanya satu tahun sebelum kami menyelenggarakan Piala Dunia FIFA pertama di kawasan ini," kata Sheikh Hamad Bin Khalifa Bin Ahmed Al Thani, Presiden Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA).

Qatar akan menjadi negara paling kecil yang pernah menyelenggarakan Piala Dunia. Luas negara tersebut hanya 11.581 km2 atau kurang dari sepertiga Provinsi Jawa barat yang memiliki luas 35.377 km2.

Timnas Qatar juga belum pernah lolos ke putaran final Piala Dunia. Jadi, mereka bisa bermain di POiala Dunia hanya dengan status sebagai tuan rumah. Namjun, Qatar merupakan juara Piala Asia 2019 yang digelar di Uni Emirat Arab.

Di ajang Piala Arab, prestasi terbaiknya adalah menjadi runner-up edisi 1998 ketika bertindak sebagai tuan rumah. Di final di Doha, mereka dikalahkan Arab Saudi 1–3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara/Reuters & berbagai sumber
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper