Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemanasan Piala Dunia 2022, Qatar Tuan Rumah Piala Arab 2021

Qatar, tuan rumah Piala Dunia 2022 tanpa pernah lolos sebelumnya ke putaran final, ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Arab tahun depan.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 25 November 2020  |  14:41 WIB
Penyerang andalan Timnas Qatar Almoez Ali./Reuters - Polar Olivares
Penyerang andalan Timnas Qatar Almoez Ali./Reuters - Polar Olivares

Bisnis.com, JAKARTA – Federation Internationale de Football Associations (FIFA) memastikan Qatar menjadi tuan rumah turnamen Piala Arab pada Desember 2021 yang akan menampilkan 22 tim dari seluruh dunia Arab dan menjadi turnamen pemanasan menjelang Piala Dunia 2022 di negara Teluk itu.

FIFA menyatakan Aljazair, Bahrain, Comoros, Djibouti, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Mauritania, Maroko, Oman, Palestina, Qatar, Arab Saudi, Somalia, Sudan, Suriah, Tunisia, Uni Emirat Arab dan Yaman akan ambil bagian dalam turnamen tersebut.

"Melalui sepak bola, turnamen ini akan menyatukan sekitar 450 juta orang dari seluruh kawasan tersebut," kata Presiden FIFA Gianni Infantino dalam kunjungan ke Stadion Lusail yang menjadi salah satu dari delapan venue Piala Dunia Qatar.

Sebelumnya Arab Nations Cup diadakan tak pasti dengan cuma sembilan turnamen digelar dari 1963 sampai 2012.

"Ini akan menjadi tonggak penting dan ujian terakhir untuk persiapan kami, hanya satu tahun sebelum kami menyelenggarakan Piala Dunia FIFA pertama di kawasan ini," kata Sheikh Hamad Bin Khalifa Bin Ahmed Al Thani, Presiden Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA).

Qatar akan menjadi negara paling kecil yang pernah menyelenggarakan Piala Dunia. Luas negara tersebut hanya 11.581 km2 atau kurang dari sepertiga Provinsi Jawa barat yang memiliki luas 35.377 km2.

Timnas Qatar juga belum pernah lolos ke putaran final Piala Dunia. Jadi, mereka bisa bermain di POiala Dunia hanya dengan status sebagai tuan rumah. Namjun, Qatar merupakan juara Piala Asia 2019 yang digelar di Uni Emirat Arab.

Di ajang Piala Arab, prestasi terbaiknya adalah menjadi runner-up edisi 1998 ketika bertindak sebagai tuan rumah. Di final di Doha, mereka dikalahkan Arab Saudi 1–3.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala dunia 2022 Timnas Qatar

Sumber : Antara/Reuters & berbagai sumber

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top