Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ricky Yacobi, Mantan Kapten Timnas, Meninggal Setelah Cetak Gol

Legenda sepak bola Indonesia Ricky Yacobi menuinggal dunia setelah mencetak gol dalam pertandingan bersama wartawan di Lapangan A Senayan Jakarta pada sabtu (21/11/2020) pagi.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 21 November 2020  |  13:18 WIB
Ricky Yacobi (kiri) menggiring bola dalam pertandingan santai pada Sabtu (21/11/2020) pagi sesaat sebelum terjatuh dan meninggal dunia setelah merayakan gol yang baru dicetaknya. - Antara
Ricky Yacobi (kiri) menggiring bola dalam pertandingan santai pada Sabtu (21/11/2020) pagi sesaat sebelum terjatuh dan meninggal dunia setelah merayakan gol yang baru dicetaknya. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Ricky Yacobi, legenda sepak bola PSMS Medan yang pernah memperkuat Timnas Indonesia, Matsushita Jepang (Gamba Osaka), dan Arseto Solo, wafat pada Sabtu (21/11/2020) pagi di Rumah Sakit Mintohardjo di Jakarta.

Ricky terjatuh akibat serangan jantung ketika merayakan gol yang dicetaknya dalam pertandingan bersama wartawan dan beberapa eks pemain timnas di Lapangan A Senayan, Jakarta.

Kabar mengenai meninggalkan lelaki kelahiran Medan, Sumatra Utara, 12 Maret 1963 itu juga dikonfirmasi pesan berantai WhatsApp dari Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto melalui pesan berantai WhatsApp.

"Innalilahi wainnailahi rojiun, telah meninggal dunia sahabat dan pemain Nasional kita bang Ricki Yacobi di RS Mintoharjo. Semoga Almarhum meninggal dalam keadaan Husnul Khatimah. Alfatihah,"

Dari foto yang beredar, Ricky yang bermain bersama pemain sesama asal Medan tiba-tiba tergeletak di lapangan. Sejumlah pemain lain mencoba untuk memberikan pertolongan pertama dan dibawa ke rumah sakit, namun nyawanya tak tertolong, tulis Antara.

Almarhum memulai karir bersama PSMS Medan pada 1979. Ricky kemudian membawa PSMS junior juara Piala Suratin 1980.

Ricky tercatat membela PSMS hingga pada 1985 pindah Solo untuk memperkuat Arseto yang berkompetisi di Galatama. Pada 1986 dia menjadi bagian dari Timnas Indonesia yang finis sebagai semifinalis Asian Games di Korea Selatan.

Pada 1988 dia sempat merantau ke Jepang bersama Matsushita yang sekarang bernama Gamba Osaka. Ricky sempat bermain dalam enam pertandingan untuk Matsushita, tetapi akhirnya balik lagi ke Arseto dan pensiun dari lapangan hijau pada 1991.

Sebagai pemain Timnas Indonesia, Ricky, yang beristrikan mantan atlet loncat indah Harly Ramayani, membela Merah Putih pada 1985 hingga 1990 dan menjadi kapten tim selama 3 tahun kebersamaannya di tim nasional.

Dia berperan penting ketika Indonesia untuk pertama kalinya menjadi juara Sea Games yaitu pada 1987 dengan menaklukkan Malaysia di final di Senayan, Jakarta, melalui perpanjangan waktu lewat gol Ribut Waidi, yang juga sudah meninggal dunia pada 3 Juni 2012 dalam usia 49 tahun.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan juga mengungkapkan dukacita atas wafatnya Ricky. “Semoga amal ibadah almarhum selama hidup diterima dan mendapatkan tempat terbaik disisi Allah SWT,” ungkap Iriawan di laman resmi PSSI.

Laman resmi PSSI juga menyebutkan bahwa Ricky Yacob—namanya berubah menjadi Yacobi ketika memperkuat Matsushita—pernah pula berseragam BPD Jateng dan PSIS Semarang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas indonesia psms

Sumber : Antara & berbagai sumber

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top