Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Belgia Tetap Teratas Peringkat FIFA, Indonesia 173, Selevel Kamboja

Belgia bertahan sebagai tim terbaik di dunia setelah FIFA pada Kamis 22/10/2020) merilis FIFA Ranking, sementara itu Indonesia menempati peringkat ke-173, selevel dengan Kamboja
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 23 Oktober 2020  |  00:21 WIB
Tiga pemain Timnas Belgia yaitu Romelu Lukaku (kanan), Axel Witsel (tengah), dan Jan Vertonghen ketika menang 5-2 atas Tunisia di Piala Dunia 2018. - Reuters
Tiga pemain Timnas Belgia yaitu Romelu Lukaku (kanan), Axel Witsel (tengah), dan Jan Vertonghen ketika menang 5-2 atas Tunisia di Piala Dunia 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Belgia bertahan di peringkat pertama FIFA Ranking sebagai tim sepak bola terkuat di dunia saat ini, sebagaimana diumumkan Federation Internationale de Football Association (FIFA) pada Kamis (22/10/2020).

Selain Belgia, posisi empat tim nasional lainnya di bawahnya juga tak berubah, dari peringkat kedua hingga kelima berturut-turut adalah Prancis, Brasil, Inggris, dan Portugal.

Peringkat keenam diisi Spanyol yang naik satu setrip dibandingkan dengan bulan lalu menggeser Uruguay yang sebaliknya turun satu setrip.

Pertukaran serupa terjadi dua peringkat berikutnya. Argentina naik satu setrip ke posisi kedelapan menggeser Kroasia yang sebaliknya turun satu setrip ke posisi kesembilan. Sementara itu, peringkat ke-10 hingga ke-12 tak berubah, masih diisi Timnas Kolombia, Meksiko, dan Italia.

Adapun Indonesia tetap di peringkat ke-173, sama dengan Kamboja. Di antara negara-negara Asia Tenggara, Vietnam menempati peringkat tertinggi yaitu 94, diikuti Thailand 113, Filipina 124, Myanmar 134, Malaysia 154, dan Singapura 158, semua di atas Indonesia.

Sementara itu, tim-tim Asia Tenggara yang peringkatnya lebih rendah dibandingkan dengan skuad Merah Putih dan Kamboja adalah Laos di posisi 188, Brunei Darussalam 191, dan Timor Leste 197.

Di antara negara-negara anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Jepang yang terbaik dengan mengisi peringkat ke-27, diikuti Iran 29, Korea Selatan 38, Australia 42, dan Qatar 57 di lima besar Asia.

Meski demikian, FIFA Ranking ini tak dapat sepenuhnya dijadikan gambaran kekuatan riil. Sebut saja Kamboja yang peringkatnya sama dengan Indonesia, faktanya di lapangan mereka sering kali menjadi korban keganasan para pemain Timnas Indonesia, bahkan dengan skor mencolok.

Begitu pula dengan dua tim anggoita Konfederasi Sepak Bola Oseania (OFC) yaitu Vanuatu dan Papua Nugini yang berturut-berturut ada di peringkat 163 dan 165 yang berarti semestinya lebih hebat daripada Indonesia yang ada di slot ke-173, tetapi nyatanya mereka kalah telak ketika bertemu Merah Putih.

Indonesia melumat Vanuatu setengah lusin gol tanpa balas ketika beruji coba pada 15 Juni tahun lalu. Skor persis sama terjadi ketika Indonesia menghantam Papua Nugini pada 22 November 2013 di ajang MNC Cup, bahkan saat itu Indonesia hanya menurunkan tim U-23, sedangkan Papua Nugini tim senior.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas brasil timnas prancis Timnas Belgia

Sumber : FIFA.com

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top