Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Everton vs Liverpool, Fakta Menarik, Taktik Pelatih, Jadwal

Everton terus menang dalam empat laga awalnya di Liga Inggris musim ini. Mereka kini menempati puncak klasemen dengan nilai 12.
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp/LiverpoolFC.com
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp/LiverpoolFC.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan menarik akan tersaji dalam pekan kelima Liga Inggris: Everton vs Liverpool. Derbi Marseyside ini akan tersaji di Goodison Parak, Sabtu malam, 17 Oktober 2020, mulai 18.30 WIB dan ditayangkan Mola TV.

Banyak hal menarik, juga potensi hadirnya drama, dari laga ini. Inilah beberapa di antaranya:

Penguasa Klasemen vs Juara Bertahan

Everton terus menang dalam empat laga awalnya di musim ini. Mereka kini menempati puncak klasemen dengan nilai 12.

Juara bertahan Liverpool sempat kalah sekali, secara mamalukan karena skornya sangat mencolok (7-2) dari Aston Villa pada pekan lalu. Mereka kini berada di posisi kelima klasemen dengan nilai 9.

Faktor dan Taktik Carlo Ancelotti

Everton yang ditangani pelatih kawakan Carlo Ancelotti memulai musim ini dengan sangat apik. Mereka mengalahkan Tottenham Hotspur, West Brom, Crystal Palace, Brighton and Halve Albion menjadi korban mereka.

Ditambah tiga kemenangan di ajang Carabao Cup kontra Salford City, Fleetwood dan West Ham, Everton praktis tak terkalahkan dalam tujuh laga awal musim ini.

Ancelotti dikenal gandrung dengan formasi pohon natal (4-3-2-1). Skema itu pernah membawanya sukses ketika menangani AC Milan pada 2001-2009. Dengan formasi itu, dia sukses memberikan AC Milan satu gelar juara Liga Champions pada musim 2006-2007 serta gelar juara Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antar Klub.

Formasi pohon natal sebenarnya sempat digandrungi di Liga Inggris ketika digunakan oleh Terry Venables dan Christian Gross kala menukangi Tottenham Hotspur di era 80-an, namun pola permainan ini kehilangan popularitasnya karena dianggap menampilkan sepak bola negatif yang tak enak untuk ditonton.

Secara sekilas, formasi ini memang cenderung bertahan. Hal itu terlihat jelas dari bagaimana penempatan tiga gelandang bertahan sekaligus di depan empat bek sejajar. Akan tetapi di tangan Ancelotti, formasi permainan pohon cemara ini bisa menghasilkan permainan ciamik yang mengundang decak kagum serta menghasilkan banyak gol.

Lihat saja performa Everton saat ini. Everton saat ini memuncaki klasemen sementara Liga Inggris setelah menyapu bersih 12 angka dari empat laga.

The Toffees juga tercatat sebagai salah satu tim dengan produktivitas gol tertinggi saat ini dengan telah mencetak 12 gol. Penyerang Dominic Calvert-Lewin pun tercatat memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris dengan telah mencetak 6 gol.

Taktik ala Carlo Ancelotti ini memang membiarkan pemain lawan leluasa untuk menguasai bola. Tujuannya agar lawan masuk ke lapangan permainan Everton dan meninggalkan sedikit orang di lini belakang.

Ketika Everton merebut bola, mereka akan mengalirkannya dengan cepat ke lini depan, entah melalui sisi sayap atau pun langsung ke dua gelandang serang di belakang penyerang.

Kabar Pemain

Ancelotti pun menatap laga kontra Liverpool dengan optimisme yang tinggi. Pasalnya dia praktis tak memiliki masalah dengan para pemain terbaiknya. Dia hanya harus mempertimbangkan faktor kelelahan karena sejumlah pemainnya baru saja pulang dari laga internasional bersama negaranya masing-masing.

Liverpool di sisi lain justru memiliki sejumlah masalah. Skuad asuhan Jurgen Klopp secara mengejutkan tumbang 2-7 dari Aston Villa pada laga terakhir sebelum jeda internasional dua pekan lalu. Kekalahan itu seakan membuat tiga kemenangan di awal musim ini sirna dan menyisakan tanda tanya.

Masalah bagi Klopp adalah karena absennya penjaga gawang Alisson Becker. Pesepakbola asal Brasil itu mengalami cedera bahu saat latihan dan disebut masih harus absen hingga sebulan ke depan.

Beruntung bagi Klopp karena dua pemain mereka, Sadio Mane dan Thiago Alcantara, akhirnya diberi lampu hijau untuk bermain. Keduanya sudah dinyatakan negatif dari Covid-19 dan sudah kembali berlatih pada Rabu kemarin.

Prediksi Susunan Pemain Everton Vs Liverpool:

Everton (4-3-2-1): Pickford - Digne, Mina, Keane, Coleman - Davies, Sigurdsson, Doucoure - Richarlison, Rodriguez - Calvert-Lewin.

Liverpool (4-3-3): Adrian - Robertson, Gomez, Van Dijk, Alexander-Arnold - Henderson, Thiago, Fabinho - Mane, Firmino, Salah

Hasil Head-to-Head Everton Vs Liverpool

Liverpool layak diunggulkan jika melihat rekor pertemuan kedua tim. Mereka tak terkalahkan dalam 10 pertemuan terakhir kontra Everton di semua kompetisi. The Kop berhasil meraih enam kemenangan dan empat laga lainnya berakhir imbang.

Akan tetapi Liverpool memiliki hasil kurang menggembirakan kala bertandang ke Goodison Park. Dari empat lawatan terakhir, mereka hanya sekali meraih kemenangan.

Ketajaman trio Mane, Firmino, Salah juga seakan sirna di markas Everton. Liverpool hanya mampu mencetak satu gol dari empat lawatan tersebut.

Berikut hasil 10 laga terakhir Everton vs Liverpool:

Juni 2020 - Everton vs Liverpool - 0-0 - Liga Inggris
Januari 2020 - Liverpool vs Everton - 1-0 - Piala FA
Desember 2019 - Liverpool vs Everton - 5-2 - Liga Inggris
Maret 2019 - Everton vs Liverpool - 0-0 - Liga Inggris
Desember 2018 - Liverpool vs Everton - 1-0 - Liga Inggris
April 2018 - Everton vs Liverpool - 0-0 - Liga Inggris
Januari 2018 - Liverpool vs Everton - 2-1 - Piala FA
Desember 2017 - Liverpool vs Everton - 1-1 - Liga Inggris
April 2017 - Liverpool vs Everton - 3-1 - Liga Inggris
Desember 2016 - Everton vs Liverpool - 0-1 - Liga Inggris.

Fakta Menarik

• Everton berambisi memenangi lima pertandingan liga pembukanya yang bisa mereka capai untuk pertama kalinya sejak 1938-1939.

• The Toffees tanpa kemenangan dalam 19 pertemuan liga dengan Liverpool (11 seri, 8 kali kalah), terakhir menang 2-0 pada Oktober 2010.

• Liverpool tidak terkalahkan dalam 22 pertandingan terakhirnya melawan Everton dalam semua kompetisi.

Prediksi Hasil Everton Vs Liverpool

Bila patokannya hasil musim lalu, Liverpool sangat layak diunggulkan. Mereka unggul jauh dari materi pemain.

Tapi musim ini, mereka seperti mengalami penurunan. Bahkan dalam laga terakhirnya dipermalukan Aston Villa 2-2. Everton sendiri tengah mencorong dan terus menang.

Karena itu, bisa dibilang kedua tim memiliki peluang sama besar untuk menang. Kemungkinan terciptanya hasil seri di laga ini juga cukup terbuka lebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper