Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chelsea Jadi Klub Terboros Selama Bursa Transfer Liga Inggris

Chelsea menjadi klub yang paling royal berbelanja dengan mengeluarkan 226,1 juta pound (Rp4,3 triliun) untuk membeli Timo Werner , Hakim Ziyech, Edouard Mendy, Ben Chilwell dan Kai Havertz.
Striker Chelsea, Timo Werner/Skysports
Striker Chelsea, Timo Werner/Skysports

Bisnis.com, JAKARTA - Klub-klub Liga Inggris menghabiskan dana sekitar 1,24 miliar pound (Rp23,6 triliun) untuk membeli pemain baru pada jendela transfer musim panas ini, padahal masih dalam suasana pandemi virus corona yang merongrong keuangan industri sepak bola.

Angka itu turun 160 juta pound (Rp3,04 triliun) dari musim panas lalu namun masih lebih besar 70 juta pound (Rp1,3 triliun) dari transfer musim panas 2016, tulis laman tabloid Inggris, The Sun, Rabu (7/10/2020).

1. Chelsea menjadi klub yang paling royal berbelanja dengan mengeluarkan 226,1 juta pound (Rp4,3 triliun) untuk membeli Timo Werner , Hakim Ziyech, Edouard Mendy, Ben Chilwell dan Kai Havertz.

2. Manchester City menduduki urutan kedua dengan mengeluarkan 147 juta pound (Rp2,79 triliun) untuk memberli Nathan Ake, Ferran Torres, dan Ruben Dias.

3. Aston Villa menempati urutan ketiga dengan merogoh kocel sebesar 85 juta pound (Rp1,6 triliun) salah satu untuk membeli Ollie Watkins.

4. Leeds United menguntit pada urutan keempat dengan 84,5 juta pound untuk memasukkan Rodrigo, Robin Koch, Diego Llorente, dan Raphinha.

5. Wolves menduduki urutan kelima yang menambah kontingen Portugalnya setelah mengeluarkan 83,6 juta pound untuk mendatangkan Fabio Silva, Nelson Semedo, Marcal dan Ki-Jana Hoever.

6. Liverpool menempati urutan keenam setelah menghabiskan 81,7 juta pound untuk menarik Diogo Jota, Thiago Alcantara dan Kostas Tsimikas,

7. Menempati urutan ketujuh, Arsenal yang sukses mengaktifikan klausul beli Thomas Partey sebesar 45 juta pound telah mengeluarkan total 81,5 juta pound yang juga untuk membeli Gabriel Magalhaes dan Runar Alex Runarsson.

8 - 9 Pada posisi kedelapan Everton menghabiskan 65 juta pound untuk menarik Allan, sedangkan Tottenham Hotspur menempati urutan kesembilan setelah mengeluarkan 62 juta pound untuk mendapatkan Abdoulaye Doucoure, Pierre-Emile Hojbjerg dan Sergio Reguilon.

10. Manchester United menduduki posisi kesepuluh setelah merogoh 54,4 juta pound untuk mendatangkan Donny van de Beek, Alex Telles dan dua pemain lainnya selain Edinson Cavani yang bebas transfer.

11. Tipis di bawah United, ada Sheffield United yang membelanjakan 53 juta pound untuk membeli Aaron Ramsdale dan Rhian Brewster.

12 - 13. Leicester City mengeluarkan 51,5 juta pound untuk membetot Timothy Castagne, sedangkan Newcastle United mengguyurkan 35 juta pound untuk Callum Wilson dan Jamal Lewis.

14. Southampton harus kehilangan Guido Carrillo, Wesley Hoedt dan Sofiane Boufal, tetapi mendapatkan Kyle Walker-Peters, Mohammed Salisu dan Ibrahima Diallo setelah menghabiskan 34,9 juta pound.

15 - 17. Klub baru promosi West Brom dan Fulham masing-masing membelanjakan 27,3 juta pound 23 juta pound, sedangkan Crystal Palace menggelontorkan 20 juta pound guna memperoleh Eberechi Eze dan Nathan Ferguson.

18 - 20. West Ham juga membelanjakan 20 juta pound, sedangkan Brighton cuma mengeluarkan 13,4 juta poun, dan terakhir Burnley tak mengeluarkan sepeser pun dengan hanya memperpanjang kontrak Dale Stephens dan Will Norris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper