Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Suporter FC Barcelona - Reuters
Premium

Barcelona, Sepak Bola Adalah Permainan Siklus!

13 September 2020 | 01:00 WIB
Sepak bola adalah permainan siklus, sulit bagi sebuah tim untuk terus menerus menangguk kejayaan. Itulah yang tengah dialami Barcelona, mereka kini berada di siklus bagian bawah. Setahun ke depan selalu menarik pekan demi pekan menyaksikan bagaimana Barca mencoba bangkit.

Bisnis.com, JAKARTA – Sepak bola adalah permainan siklus. Tidak ada klub atau liga yang dapat mempertahankan dominasi penuh selamanya.

Olahraga akan selalu beradaptasi dan berkembang, bergerak dalam gelombang yang seunik ombak yang menerjang pantai. Tidak peduli sumber keuangan atau ukuran organisasi, mempertahankan tim elit hampir sama sulitnya dengan membangun tim elit.

Barcelona adalah wujud dari siklus itu. Pada awal dekade sebelumnya, mereka adalah raksasa. Pep Guardiola berada di musim keduanya sebagai pemimpin klub masa kecilnya, bersama Lionel Messi, Xavi, dan Andrés Iniesta berada di puncak kekuatan mereka.

Mereka memenangkan Liga Champions musim sebelumnya dan akan memenangkannya lagi pada musim berikutnya, mengalahkan Manchester United dua kali dengan cara yang berfungsi sebagai tembakan peringatan ke seluruh kancah sepak bola Eropa.

Pertandingan pertama, 2009 di Roma, berlangsung ketat. United adalah mesin pemenang yang dipimpin oleh Sir Alex Ferguson yang tak kenal lelah dan daya tembak Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney. Namun, klub Katalan menang 2–0. Samuel Eto’o membuka skor sebelum Messi memastikan kemenangan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top