Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nations League : Prancis & Portugal Raih 3 Poin, Ronaldo Cetak 101 Gol

Prancis dan Portugal berhasil meraih 3 poin setelah mencatat kemenangan kedua di ajang Nations League. Sementara itu, Cristiano Ronaldo mencetak gol ke-101 untuk Timnas Portugal.
Cristiano Ronaldo merayakan gol ke-101 untuk Portugal setelah menjebol gawang Swedia./Antara/Reuters
Cristiano Ronaldo merayakan gol ke-101 untuk Portugal setelah menjebol gawang Swedia./Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Cristano Ronaldo mencetak dua gol untuk membawa juara bertahan Portugal menghantam tuan rumah Swedia dengan skor 2–0 dalam pertandingan UEFA Nations League Divisi A Grup 3 (A3) di Stadion Friends Arena, Stockholm, pada Rabu (9/9/2020).

Hasil itu mengantarkan Portugal mantap di di puncak klasemen Grup A3 dengan koleksi 6 poin, unggul selisih gol dibandingkan Prancis yang dalam laga lain juga menang melawan Kroasia.

Sedangkan Swedia tak beranjak dari posisi ketiga berkat keunggulan selisih gol dibandingkan Kroasia, meski sama-sama belum punya poin, demikian catatan laman remi UEFA.

Melewatkan laga pertama kontra Denmark karena kakinya tersengat lebah, Ronaldo agaknya tak sabar untuk melampaui capaian 100 gol bersama Portugal.

Namun, upaya bagus pertamanya setelah menerima umpan sepak pojok Bruno Fernandes masih bisa diselamatkan dengan gemilang oleh kiper Robin Olsen menggunakan kakinya.

Olsen kembali menggagalkan peluang Ronaldo pada menit ke-40 ketika ia berusaha menyelesaikan umpan terobosan Fernandes dengan tembakan sudut sempit.

Petaka bagi tuan rumah terjadi semenit jelang bubaran normal babak pertama, ketika Gustav Svensson menjatuhkan Joao Moutinho tak jauh dari kotak penalti yang membuatnya diusir wasit Danny Makkelie karena sudah menerima dua kartu kuning.

Peluang tendangan bebas itu dihadapi oleh Ronaldo yang melepaskan sepakan melengkung dan keras melewati pagar hidup untuk menghujamkan bola ke pojok tiang jauh. Ronaldo membawa Portugal unggul lewat gol internasional ke-100.

Portugal yang terus mengendalikan permainan dalam situasi ketimpangan jumlah pemain banyak membuang peluang mereka, yang berusaha mereka konversi lewat sepakan jarak jauh.

Baru pada menit ke-72, Portugal menggandakan keunggulan mereka lewat gol kedua Ronaldo di laga itu sekaligus ke-101 dalam karier internasionalnya.

Ronaldo menerima umpan dari Joao Felix sebelum melakukan tusukan dan melepaskan penyelesaian melengkung ke area tiang jauh lagi yang kembali tak mampu diantisipasi Olsen.

Felix berusaha keras untuk ikut mencatatkan namanya di daftar pencetak gol tetapi peluang terbaiknya dalam situasi serangan balik berlalu ketika ia gagal menyontek umpan tarik matang kiriman Diogo Jota.

Pun demikian, Portugal tetap menang 2-0 dan tampak percaya diri untuk mempertahankan gelar juara Nations League yang mereka raih dua tahun lalu.

Dengan gol ke-101, Rinaldo kini butuh delapan gol lagi untuk menyamai rekor 109 gol internasional milik mantan penyerang timnas Iran Ali Daei.

Prancis Taklukkan Kroasia

Di laga lain Divisi A Grup 3 (A3), Prancis menaklukkan 4–2 atas Kroasia, skor yang sama persis dengan hasil final Piala Dunia 2018.

Dalam pertandingan di Stade de France, Saint-Denis, Prancis, kemenangan itu diwarnai satu gol dari Antoine Griezmann serta satu gol bunuh diri di kubu Kroasia, yang kali ini tercatat atas nama kiper Dominik Livakovic.

Memasuki pertandingan dengan kabar kurang mengenakkan menyusul sang bintang Kylian Mbappe ditemukan positif terpapar Covid-19, Prancis memanfaatkan efisiensi 43 persen penguasaan bola mereka sepanjang laga menjadi empat gol.

Tuan rumah sempat tertinggal lebih dulu akibat gol bek Dejan Lovren yang menyambar bola liar dalam situasi sepak pojok dengan sepakan keras yang tak mampu diantisipasi kiper Hugo Lloris.

Upaya Prancis untuk bangkit baru menemukan hasil 2 menit jelang turun minum ketika Anthony Martial mengakhiri serangan yang dibangunnya dengna umpan tarik yang disambut dengan sontekan cantik Griezmann untuk menjebol gawang Kroasia dan menyamakan kedudukan.

Lantas pada menit pertama injury time Martial berhasil menyambut umpan tarik Wissam Ben Yedder dengan sepakan yang membentur tiang gawang sebelum mengenai badan Livakovic dan bola bersarang ke dalam gawang, tercatat sebagai gol bunuh diri. Prancis 2, Kroasia 1.

Kroasia memasuki babak kedua dengan semangat tinggi untuk menyamakan kedudukan dan upaya mereka membuahkan hasil pada menit ke-55 ketika Josip Brekalo berhasil memperdaya Ferland Medy sebelum menaklukkan Lloris untuk membuat skor menjadi 2–2.

Pada menit ke-65, Prancis berhasil merestorasi keunggulan mereka memanfaatkan situasi sepak pojok yang diakhiri tandukan tajam Dayot Upamecano, yang bolanya melesat ke dalam gawang tak mampu dijangkau Livakovic.

Tuan rumah mendapat keuntungan ketika wasit Ovidiu Hategan menunjuk titik putih menyusul insiden bola mengenai tangan Marcelo Brozovic di dalam area terlarang.

Keputusan itu diprotes oleh kubu Kroasia yang membuat Hategan mengeluarkan kartu kuning untuk Brozovic dan Lovren.

Kesempatan dari titik putih dihadapi oleh Olivier Giroud yang dengan tenang menipu Livakovic untuk memperbesar keunggulan Prancis jadi 4–2 pada menit ke-77.

Kroasia tak segera menyerah tetapi peluang terbaik mereka semenit jelang bubaran waktu normal dari Nikola Vlasic masih ditolak tiang gawang kendati sudah todak terjangkau oleh Lloris, sehingga skor 4–2 untuk Prancis tak berubah hingga pertandingan selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/UEFA.com/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper