Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lanjutan Liga Indonesia, PT LIB Masih Menanti Izin dari Kepolisian

Akhmad mengatakan pihaknya berfokus pada izin di kepolisian daerah yang menjadi lokasi tempat pertandingan.
Ilustrasi - Liga sepak bola./ Antara
Ilustrasi - Liga sepak bola./ Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) masih menunggu izin tertulis dari kepolisian untuk melanjutkan kembali kompetisi Liga 1 dan 2 pada Oktober mendatang. Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengatakan pihaknya sudah mendapatkan lampu hijau untuk menggelar pertandingan setelah pihak mendatangi beberapa kepolisian daerah secara lisan.

Akhmad mengatakan pihaknya berfokus pada izin di kepolisian daerah yang menjadi lokasi tempat pertandingan. "LIB sudah kunjungan ke Baintelkam Polri, Polda Jogja, Jateng, Jatim, semua secara prinsip mendukung. Jumat lalu (4 September), kami ke Polda Metro Jaya, sekarang kami mencoba ke Polda Jabar," kata dia kepada Tempo, Senin (7/9/2020).

Lukita pun menyebutkan telah mengirimkan surat permintaan izin kepada Markas Besar Kepolisian RI. Surat itu telah dikirimkan sejak pekan lalu. "Izin tertulis sudah kami kirimkan ke Mabes Polri, sekarang sedang diproses di sana, mudah-mudahan segera keluar," ucap dia.

Terkait tes usap bagi pemain, kata Akhmad, mekanisme kerjasama sedang dibicarakan PSSI dengan Satgas Covid-19 Nasional. "LIB nanti tinggal menjalankan, detail teknisnya segera diinfokan. Pekan ini kami, PSSI dan LIB akan ke Satgas Covid Nasional untuk merampungkan kerjasama," kata dia menambahkan.

Ia pun menjamin jalan protokol kesehatan dengan menggelar pertandingan tanpa penonton. Protokol kesehatan tertulis pun nantinya akan dikirim ke setiap klub sebagai panduan penerapan ketentuannya. "Soal keamanan setiap Polda akan memantau setiap kondisi dan situasi. Nanti akan dirilis di medical workshop," ujar dia.

Lanjutan kompetisi Liga 1 2020 berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Kompetisi tetap digelar semusim penuh tetapi tanpa degradasi. Semua laga Liga 1 2020 akan digelar di Pulau Jawa. Dengan dikonsentrasikan di sana, tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi mencegah penyebaran Covid-19. Adapun Liga 2 bergulir pada 17 Oktober-5 Desember 2020. Kompetisi ini berlangsung dengan format turnamen yang melewati penyisihan grup.

Kepala Satgas Antimafia Bola Polri Brigadir Jendral Hendro Pandowo menyatakan pihaknya akan mengawal pelaksanaan lanjutan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia 2020. "Kami siap mengawal bergulirnya Liga 1 dan Liga 2. Mudah mudahan membawa hasil yang positif bagi sepak bola Indonesia," ujar Hendro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper