Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top Skor Serie A, 2 Gol Lagi Immobile Samai Rekor Higuain

Ciro Immobile mencetak hattrick saat Lazio menghantam Hellas Verona 5-1. Dengan demikian, dia telah mencetak 34 gol sepanjang Serie A musim ini.
Ujung tombak Lazio Ciro Immobile/Twitter@EueopaLeague
Ujung tombak Lazio Ciro Immobile/Twitter@EueopaLeague

Bisnis.com, JAKARTA – Juventus telah dipastikan juara Serie A Italia musim 2029–2020 setelah menundukkan Sampdoria dengan skor 2–0 dalam pertandingan penutup pekan ke-36.

Namun, masih ada persaingan lainnya untuk memperebutkan tempat teratas, kali ini dalam hal menjebol gawang lawan atau perebutan gelar top skor (capocannoniere).

Ujung tombak Lazio Ciro Immobile terus bersaing dengan Cristiano Ronaldo, penyerang Juventus, untuk finis sebagai top skor. Immobile mencetak hattrick atau tiga gol dalam satu pertandingan ketika Lazio menundukkan Hellas Verona 5–1, sedangkan Ronaldo menjaringkan satu gol ke gawang Sampdoria.

Dengan demikian, Immobile telah menjaringkan 34 gol, sedangkan Ronaldo 31 gol. Jika Immobile mampu mencetak dua gol lagi dalam dua matchday tersisa, dia akan menyamai rekor Gonzalo Higuain ketika penyerang asal Argentina itu mencetak 36 gol untuk Napoli dalam satu musim Serie A.

Apabila Immobile mampu bertahan sebagai top skor hingga kompetisi musim ini selesai, itu untuk ketiga kalinya pemain depan berusia 30 tahun tersebut meraihnya.

Dia sebelumnya tampil sebagai top skor pada musim 2013–2014 dengan mencetak 22 gol untuk Torino dan pada musim 2017–2018 dengan mencetak 29 gol untuk Lazio, bersama striker Inter Milan Mauro Icardi.

Sementara itu, Ronaldo, 35 tahun, yang baru bergabung setahun lalu dengan Juventus dari Real Madrid, berada di urutan keempat dalam daftar pencetak gol Serie A musim 2018–2019 dengan mencetak 21 gol, di bawah Fabio Quagliarella (Sampdoria, 26), Duvan Zapata (Atalanta, 23), dan Krzysztof Piatek (22).

Immobile dan Ronaldo merupakan pemain kedelapan dan kesembilan yang berhasil mencetak minimal 30 gol dalam satu musim sepanjang sejarah Serie A.

Rekor pencetak gol terbanyak dalam satu musim Serie A saat ini dipegang penyerang Juventus Gonzalo Higuain yang diraihnya pada musim 2015–2016.

Sementara itu, pemain yang paling sering menjadi top skor Serie A ialah Gunnar Nordahl. Pemain asal Swedia itu membela AC Milan ketika menjadi top skor pada musim 1949–1950, 1950–1951, 1952–1953, 1953–1954, dan 1954–1955.

Top skor sepanjang masa Serie A ialah Silvio Piola. Dia mencetak 364 gol di Serie A mulai 1929 hingga 1954. Dia bermain untuk Pro Vercelli (sekarang di Serie C dan dilatih mantan striker Timnas Italia Alberto Gilardino), Lazio, Torino, Juventus, dan Novara (sekarang juga bermain di Serie C).

Berikut daftar pencetak gol sementara Serie A musim 2019–2020:

34 Gol: Ciro Immobile (Lazio)

31 Gol: Cristiano Ronaldo (Juventus)

23 Gol: Romelu Lukaku (Inter Milan)

19 Gol: Francesco Caputo (Sassuolo)

18 Gol: Joao Pedro (Cagliari), Luis Muriel (Atalanta), Duvan Zapata (Atalanta)

16 Gol: Andrea Belotti (Torino)

15 Gol: Josip Ilicic (Atalanta), Edin Dzeko (AS Roma)

13 Gol: Lautaro Martinez (Inter Milan), Domenico Berardi (Sassuolo), Marco Mancosu (Lecce)

12 Gol: Andrea Petagna (SPAL)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper