Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Seorang pemain FC Barcelona membawa bola dalam sebuah pertandingan Liga Champions melawan FC Chelsea di Stamford Bridge, London, Inggris, Selasa (20/2/2018)./Bloomberg - Focus Images/Simon Dael
Premium

Babak Belur Industri Sepak Bola karena Corona

22 Juni 2020 | 16:08 WIB
Industri sepak bola dunia tak luput dari hantaman pandemi virus corona. Klub-klub sepak bola di seluruh dunia meradang karena kompetisi dihentikan.

Bisnis.com, JAKARTA — Sebagai satu-satunya klub sepak bola Indonesia yang sudah melantai di bursa, Bali United kerap jadi tolak ukur tertinggi kondisi klub dalam negeri. Bagaimana tidak, untuk menunjang biaya operasional dan berbagai keperluan, klub berjuluk Serdadu Tridatu ini tidak cuma mengandalkan sponsor dan dukungan investor.

Mengacu dokumen prospektus di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Bali Bintang Sejahtera Tbk. (BOLA), emiten pengelola klub Bali United, punya beragam anak usaha yang bisa jadi sumber pundi-pundi uangnya. Mulai dari PT Radio Swara Bukit Indah yang bergerak bidang penyiaran, PT Bali Boga Sejahtera yang punya bisnis Bali United Cafe, sampai PT Kreasi Karya Bangsa yang bergerak di sektor agensi sponsor olahraga.

Sayangnya, cakupan bisnis yang serba luas itu tak mampu sepenuhnya menyelamatkan Bali United dari dampak finansial akibat pandemi Covid-19. Terhambatnya aktivitas perekonomian di hampir semua sektor usaha, pada akhirnya bikin klub tersebut justru lebih banyak kehilangan sumber pemasukan.

Padahal, di sisi lain, cakupan bisnis yang luas ini bikin Serdadu Tridatu harus menggaji pemain dan membayar operasional lebih banyak ketimbang klub lain.

Sebagai bagian dari penyesuaian diri, Bali United sampai-sampai harus ikut melakukan pemangkasan gaji karyawan, termasuk pemain dan ofisial tim.

“Ada penyesuaian gaji, sesuai dengan patokan regulasi PSSI [Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia], tapi itu sifatnya sementara,” tutur CEO Bali United Yabes Tanuri kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top