Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Empat Tim Liga Inggris yang Lolos ke Liga Champions Bila...

Bisa dilihat, bahwa Arsenal yang ada di posisi kesembilan klasemen akan diuntungkan bila kompetisi terhenti, karena akan bisa lolos ke Liga Champions.
Mohamed, striker Liverpool /REUTERS-Susana Vera
Mohamed, striker Liverpool /REUTERS-Susana Vera

Bisnis.com, JAKARTA - Liga Inggris, seperti liga-liga lain di Eropa, terancam tak bisa dituntaskan karena pandemi virus corona. Badan sepak bola Eropa (UEFA) sudah menyiapkan pedoman menentukan tiket kualifikasi ke Liga Champions dan Liga Europa musim depan bila hal itu terjadi.

Pedoman itu akan dibicarakan dan diputuskan dalam Sidang Komite Eksekutif, Kamis (23/4/2020). Menurut The Sun, klasemen terkini kompetisi tak akan dipakai bila kompetisi terhenti. Yang akan digunakan untuk menentukan lolos tidaknya ke kompetisi Eropa adalah koefisien klub UEFA.

Koefisien klub dibuat berdasarkan performa tim di Liga Champions dan Liga Europa dalam lima tahun terakhir. Untuk tiap tahapan babak yang dilalui ada poin yang didapat. Makin bagus performa tim, makin tinggi poin yang didapat dan makin tinggi pula posisinya dalam daftar itu.

Penghuni empat besar klasemen Liga Inggris sebelum dihentikan karena pandemi virus Corona adalah Liverpool, Manchester City, Leicester, dan Chelsea. Tim di urutan berikutnya ada Manchester United, Wolverhampton, Sheffield United, Tottenham Hotspur, dan Arsenal. Masih ada 9 pekan yang harus dimainkan.

Bila klasemen ini yang dipakai maka tim yang akan lolos ke Liga Champions adalah Liverpool, Leicester, Chelsea, dan Manchester United. MU akan mengambil posisi Man City yang terkena sanksi tak boleh tampil di Liga Champions.

Namun, bila kompetisi terhenti, komposisi peraih tiket ke Liga Champions akan berbeda. Dalam koefisien klub UEFA terkini, empat tim teratas di Liga Inggris adalah Man City, Liverpool, Manchester United, dan Arsenal. Karena Man City terkena sanksi, maka tiket keempat akan diraih tim di posisi berikutnya, yakni Tottenham.

Bisa dilihat, bahwa Arsenal yang ada di posisi kesembilan klasemen akan diuntungkan bila kompetisi terhenti, karena akan bisa lolos ke Liga Champions. Chelsea, yang ada di zona empat besar, harus gigit jari dan hanya meraih tiket Liga Europa karena hanya ada di urutan keenam daftar koefisien klub UEFA.

Leicester, yang harusnya lolos ke Liga Champions, harus puas dengan tiket Liga Europa bila Liga Inggris terhenti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper