Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT PSSI Ke-90, Momentum Kebangkitan Sepak Bola Nasional

Ulang tahun ke-90 Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) harus menjadi momentum kebangkitan prestasi.
Suporter Timnas Indonesia/Bisnis
Suporter Timnas Indonesia/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali berpandangan bahwa ulang tahun ke-90 Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) harus menjadi momentum kebangkitan prestasi.

“Pemerintah dan saya sebagai Menpora berharap persepakbolaan kita semakin baik,” ujar Menpora dalam pernyataan resmi pada Minggu (19/4/2020).

Menpora menyebut salah satu cara meningkatkan prestasi lapangan hijau adalah dengan meningkatkan kualitas pengelolaan kompetisi.

PSSI juga diminta untuk dapat melibatkan masyarakat dalam kegiatan-kegiatannya agar warga semakin antusias dengan seluruh aktivitas sepak bola Tanah Air.

“Semoga semakin banyak masyarakat yang terlibat dan antusias menonton semua pertandingan sepak bola nasional,” kata Zainudin.

Menurut dia, sepak bola Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang pesat setelah Presiden Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden No. 3/2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional pada Januari 2019.

Inpres tersebut instruksi kerja sama berbagai kementerian dan lembaga untuk memajukan sepak bola Indonesia.

“Sekarang tinggal kita sebagai masyarakat sepak bola harus bisa menyikapi dan menggunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya. Perhatian pemerintah khususnya Presiden kepada sepak bola luar biasa. Selalu semangat untuk pengurus PSSI dari tingkat pusat sampai kabupaten dan kota,” tuturnya.

PSSI dibentuk pada 19 April 1930. Ketika itu, dengan insiasi pemuda bernama Soeratin Sosrosugondo, beberapa perkumpulan sepak bola pribumi mengadakan kongres di Yogyakarta dan sepakat membentuk Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Soeratin menjadi ketua umum pertama PSSI.

Kata ‘Indonesia’ dalam kata PSSI menjadi wujud nasionalisme setelah pencetusan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

PSSI baru bernama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia pada 1950 saat kongres di Solo, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper