Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liverpool Jadi Tim Termahal Eropa, Barcelona Ada di Posisi Ke-3

Keberhasilan Liverpool menjadi tim termahal terasa fantastis karena pemain-pemain yang ada dalam skuat saat ini tidak semuanya dibeli dengan harga mahal.
Para pemain Liverpool merayakan gol/Antara.
Para pemain Liverpool merayakan gol/Antara.

Bisnis.com, JAKARTA - Liverpool dinobatkan sebagai klub dengan skuat termahal di Eropa. Klub asal Inggris ini memuncaki daftar tim dengan nilai pemain termahal berdasarkan laporan CIES Football Observatory.

Dilansir Sky Sports, Selasa (17/3/2020), skuat Jurgen Klopp itu dilaporkan saat ini bernilai 1,27 miliar poundsterling atau sekitar Rp23,3 triliun. Liverpool mengungguli saingan mereka Manchester City yang skuatnya bernilai 1,24 miliar poundsterling (sekitar Rp22,6 triliun).

Barcelona beraada pada posisi ketiga dengan nilai skuat 1,06 miliar poundsterling (sekitar Rp19,5 triliun), sedangkan Real Madrid ada pada posisi keempat dengan nilai skuat 1 miliar poundsterling (sekitar Rp18,4 triliun.)

Skuat Chelsea menempati urutan kelima dengan nilai 917 miliar poundsterling (sekitar Rp16,7 triliun), sedangkan Manchester United harus menduduki posisi berikutnya dengan nilai 916 miliar poundsterling (sekitar Rp16 triliun)

Keberhasilan Liverpool menjadi tim termahal terasa fantastis karena cara The Reds menyusun kekuatan. Pemain-pemain yang ada dalam skuat Liverpool saat ini tidak semuanya dibeli dengan harga mahal.

Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino, Andy Robertson adalah sejumlah pemain yang dibeli dengan harga relatif murah. Belum lagi pemain seperti Trent Alexander-Arnold yang merupakan jebolan akademi.

Klopp berhasil memaksimalkan kemampuan pemain-pemain tersebut dan membuat mereka menjadi bintang papan atas. Posisi ini berdasarkan nilai pemain dan menggunakan sejumlah variabel termasuk usia, performa, perkembangan karier dan durasi kontrak.

Pemain paling tinggi harganya di Eropa adalah penyerang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe, yang memiliki nilai transfer lebih dari 227 juta poundsterling (sekitar Rp4,18 triliun).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper