Kontroversi Kartu Merah Ramos, Eks Wasit Asal Spanyol Angkat Bicara

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, mendapatkan kartu merah pada laga pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Manchester City.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Februari 2020  |  19:24 WIB
Kontroversi Kartu Merah Ramos, Eks Wasit Asal Spanyol Angkat Bicara
Sergio Ramos - Reuters/Thilo Schmuelgen

Bisnis.com, JAKARTA - Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, mendapatkan kartu merah pada laga pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Manchester City. Eks wasit di Liga Spanyol, Juan Andujar Oliver, menyatakan dia layak diusir karena pelanggaran terhadap penyerang Manchester City Gabriel Jesus.

Oliver menilai wasit Daniele Orsato yang memimpin laga tersebut mengeluarkan keputusan yang tepat. Menurut dia, Ramos layak diberi kartu merah karena dia merupakan orang terakhir yang memisahkan Jesus dengan penjaga gawang Thibaut Courtois.

"Dia adalah orang terakhir dan dia mendorong Gabriel Jesus yang memiliki peluang mencetak gol. Itu sangat jelas kartu merah untuk kapten Real Madrid," kata Oliver kepada Radio Marca.

Tak hanya soal itu, Oliver juga membela keputusan Orsato soal hadiah penalti dan gol Gabriel Jesus. Menurut dia, pengadil asal Italia tersebut mengambil keputusan dengan tepat.

"Pelanggaran Carvajal terhadap Sterling sangat jelas dan Orsato benar memberikan penalti (kepada Manchester City)," kata Oliver.

"Jika kita melihat pertama kali, sepertinya Jesus jelas mendorong Sergio Ramos, tetapi tayangan ulang menunjukkan kepada kita bahwa tak ada pelanggaran. Gabriel Jesus hanya menaruh tangannya di pundak bek Real Madrid itu," ujar Oliver soal gol Gabriel Jesus.

Sebelumnya penyerang Real Madrid Vinicius Junior mengkritik kepemimpinan Orsato pada laga dini hari tadi. Dia menilai keputusan soal gol Jesus salah dan seharusnya Osato melihat Video Assistant Referee (VAR) terlebih dahulu.

"Gabriel Jesus melakukan pelanggaran sebelum mencetak gol pertama dan semua orang tahu itu," ujar Vinicius. "Hal itu terjadi pada babak pertama dengan saya dan Mahrez dan wasit menyatakan saya melakukan pelanggaran."

"Wasit memiliki VAR dan dia tak mau melihat itu. Saya melihat pelanggaran itu di lapangan, saya tak butuh melihatnya lagi di ruang ganti (melalui tayangan ulang)."

Pada laga dini hari tadi Real Madrid memang sempat unggul terlebih dahulu. Isco mencetak gol setelah menerima umpan dari Vinicius pada menit ke-60. Namun keunggulan itu hanya bertahan 18 menit saja. Jesus menyamakan kedudukan lewat gol sundulannya memanfaatkan umpan Kevin de Bruyne.

Kemenangan Manchester City dipastikan lewat tendangan penalti De Bruyne pada menit ke-83. Anak asuh Pep Guardiola mendapatkan penalti setelah Raheem Sterling dilanggar Daniel Carvajal. Tiga menit berselang, Sergio Ramos diusir wasit karena melanggar Jesus yang lepas dari kawalan lini belakang Real Madrid.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
liga champions, real madrid

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top