Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mario Mandzukic Tinggalkan Juventus, Merantau ke Qatar

Mario Mandzukic meninggalkan Juventus dan resmi bergabung dengan klub Qatar Al-Duhail.
Mario Mandzukic saat berseragam Juventus./Reuters-Giorgio Perottino
Mario Mandzukic saat berseragam Juventus./Reuters-Giorgio Perottino

Bisnis.com, JAKARTA – Eks-penyerang Timnas Kroasia Mario Mandzukic resmi bergabung dengan klub Qatar Al-Duhail setelah memangkas kontraknya dengan juara Serie A Italia Juventus.

Striker yang berperan penting mengantar Kroasia menjadi runner-up Piala Dunia tahun lalu di Rusia itu berstatus agen bebas setelah mencapai kesepakatan dengan Juventus untuk mempercepat pemutusan kerja sama mereka yang sebenarnya baru diperpanjang pada April lalu dan berlaku hingga 2021.

Namun, kedatangan Maurizio Sarri pada pertengahan tahun ini untuk menukangi Bianconeri memicu ketersingkiran Mandzukic di starting XI dan dia memang tidak masuk rencana bos baru tersebut sehingga tak pernah bermain sama sekali.

Dia tiba di Doha, ibu kota Qatar, pada Senin (30/12/2019) dini hari WIB untuk menyelesaikan proses perpindahan.

“Saya tengah bersiap memulai babak baru dalam karier sepak bola saya bersama salah satu klub terbesar di Asia. Saya ingin segera bekerja sama dengan rekan-rekan baru saya untuk membantu tim mencapai tujuan kami,” tutur sang penyerang berusia 33 tahun di laman resmi klub barunya.

Pemain kelahiran Slavonski Brod, Kroasia, itu tampil dalam 126 pertandingan kompetitif untuk Juventus dengan mengontribusi 44 gol sejak didatangkan dari klub La Liga Spanyol Atletico Madrid pada Juli 2015 dengan mahar transfer 23,5 juta euro.

Mandzukic memulai karier profesional bersama klub kecil di negara asalnya, Marsonia, pada 2004 dan setahun kemudian pindah ke klub kecil lainnya, NK Zagreb.

Pada 2007 dia mulai bergabung dengan klub besar Kroasia yaitu Dinamo Zagreb dan 3 tahun berikutnya merantau ke Jerman untuk merumput bersama kontestan Bundesliga Wolfsburg.

Pada 2012 kariernya terus naik ketika bergabung dengan klub raksasa Jerman Bayern Munchen dan 2 tahun kemudian pindah ke Atletico Madrid.

Untuk Timnas Kroasia dia bermain dalam 89 pertandingan termasuk di Piala Dunia 2018 dengan mencetak 33 gol.

Mengenai Al-Duhail, klub ini enam kali juara liga teratas Qatar, Qatar Stars League, terakhir pada 2018. Tim yang kini ditangani pelatih asal Portugal ini juga tiga kali juara Piala Emir Qatar, terakhir tahun ini, dan tiga kali juara Piala Qatar, terakhir tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Football Italia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper