Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dikalahkan Vietnam, Ini 3 Skenario Indonesia Tetap Lolos ke Semifinal

Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dengan skor tipis 1 - 2 dari Vietnam menunda kelolosan skuat asuhan Indra Sjafri ke semifinal cabang sepak bola putra Sea Games 2019 di Filipina.
Dua pemain andalan Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay (kiri) dan Rachmat Irianto./Antara-Sigid Kurniawan
Dua pemain andalan Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay (kiri) dan Rachmat Irianto./Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dengan skor tipis 1 - 2 dari Vietnam menunda kelolosan skuat asuhan Indra Sjafri ke semifinal cabang sepak bola putra Sea Games 2019 di Filipina.

Kekalahan tersebut menempatkan Indonesia untuk sementara berada di posisi ketiga klasemen Grup B dengan nilai 6 hasil menang masing-masing dengan skor 2 - 0 atas juara bertahan Thailand dan Singapura.

Meski demikian, peluang Indonesia untuk melaju ke fase empat besar tetap dapat dikatakan terbuka lebar, mengingat dua lawan tersisa adalah Laos dan Brunei Darussalam yang merupakan tim-tim terlemah di Grup B.

Peluang Indonesia juga terhitung cukup besar, karena Thailand dan Vietnam akan bakubunuh di matchday terakhir. Hasil pertandingan kedua tim tersebut akan ikut menentukan peluang Indonesia untuk ke semifinal.

Oleh karena tiga pertandingan matchday terakhir akan digelar bersamaan pada Kamis (5/12/2019) petang, tak ada jalan bagi Indonesia kecuali harus memetik kemenangan besar atas Laos dan Brunei untuk mengantisipasi kemungkinan Thailand, Vietnam, dan Indonesia sama-sama finis dengan nilai 12.

Itu merupakan skenario pertama apabila Thailand mampu memetik kemenangan atas Vietnam dalam pertandingan matchday terakhir tersebut.

Dalam kondisi demikian, ketiga tim saling mengalahkan dan selisih gol akan berperan penting karena jika dua atau lebih tim mempunyai nilai yang sama, selisih gol seluruh pertandingan yang akan diperhitungkan, bukan head to head antartim yang nilainya sama.

Dalam keadaan Thailand menang atas Vietnam, Indonesia memiliki kemungkinan untuk tampil sebagai juara Grup B berkat keunggulan selisih gol.

Skenario kedua, jika Vietnam yang berhasil menaklukkan Thailand, Indonesia sebenarnya cukup menang denghan skor berapa saja atas Laos dan Brunei.

Dalam kondisi seperti itu, Vietnam akan tampil sebagai juara Grup B dengan nilai sempurna 15, dengan asumsi menang atas Singapura dalam pertandingan matchday keempat pada Selasa (3/12/2019).

Indonesia, dengan asumsi menang atas Brunei dan Laos, finis di peringkat kedua Grup B dengan nilai 12, sedangkan Thailand, dengan asumsi menang atas Laos di matchday keempat, mengoleksi nilai 9.

Skenario ketiga, jika Thailand dan Vietnam imbang dan Indonesia berhasil memenangi laga kontra Brunei dan Laos, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan finis sebagai runner-up dengan nilai 12, di bawah Vietnam dengan nilai 13, sedangkan Thailand tersingkir karena hanya mengisi slot ketiga dengan nilai 10.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper