Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramai Tagar #SEAGames2019fail, Timnas Indonesia Beli Air Minum Sendiri

Penyelenggaraan Sea Games 2019 Filipina mendapat sorotan dari netizen dengan menggaungkan tagar #SEAGames2019fail yang merujuk pada belum siapnya panitia menerima para kontingen. 
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri/PSSI
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggaraan Sea Games 2019 Filipina mendapat sorotan dari netizen dengan menggaungkan tagar #SEAGames2019fail. Kritikan itu merujuk pada belum siapnya panitia menerima para kontingen dari negara lain. 

Pelatih tim nasional U-22 Indonesia Indra Sjafri menegaskan bahwa skuatnya tidak terpengaruh dengan beberapa kelalaian panitia SEA Games 2019 yang terjadi sejak mereka berlatih perdana di Manila, Jumat (22/11/2019).

“Itu bukan urusan kami. Kalau mereka lalai, ya, jangan ikut orang lain lalai. Saya mengatakan kepada pemain untuk bisa mengantisipasi semua yang terjadi di sini,” ujar Indra di Manila, Senin (25/11/2019).

Timnas U-22 Indonesia mengalami beberapa kali kejadian kurang menyenangkan selama berada di Filipina seperti air minum yang tidak tersedia ketika latihan dan bus penjemputan tidak datang sesuai waktu yang disepakati.

Namun, skuat berjuluk Garuda Muda tidak ingin dikekang oleh keadaan tersebut. Ketika tidak ada minuman atau minuman yang ada kurang, mereka membeli sendiri air untuk dikonsumsi pemain.

Saat bus tidak datang sesuai jadwal, Indra Sjafri memerintahkan anak-anak asuhnya berjalan kaki menuju lokasi latihan di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Juru taktik asal Sumatera Barat itu tidak ingin konsentrasi dan fokus anak-anak asuhnya goyah dengan hal-hal nonteknis. Apalagi di laga perdana Grup B SEA Games 2019, Selasa (26/11) siang ini, Indonesia akan melawan Thailand yang merupakan peraih medali emas sepak bola putra di SEA Games 2017.

“Kami hanya fokus ke pertandingan. Saya tidak mau hal-hal kecil seperti itu menjadi masalah buat kami,” tutur Indra.

Meski demikian, PSSI melalui Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI Gatot Widakdo memaklumi situasi yang terjadi.

“Saat latihan pertama, minuman memang tidak ada. Namun setelahnya tersedia meski kami tetap membeli untuk persediaan sendiri. Lalu untuk bus, sudah dua hari tidak ada. Ditunggu sampai 05.30 pagi tidak juga datang. Jadi tim berjalan kaki ke tempat latihan yang memakan waktu 10 sampai 15 menit. Ini situasi biasa karena mungkin belum pembukaan SEA Games 2019. Mudah-mudahan setelah pembukaan tanggal 30 November 2019 semuanya lancar,” kata Gatot.

Timnas U-22 Indonesia akan menghadapi Thailand di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (26/11), mulai pukul 15.00 WIB.

Ini menjadi pertemuan ketiga kedua tim di tahun 2019 setelah sebelumnya bersua di Piala AFF U-22 2019 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Di SEA Games 2019, Indonesia dan Thailand bergabung di Grup B bersama Vietnam, Singapura, Brunei Darussalam dan Laos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Akhirul Anwar
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper