Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Dunia U-20, Menpora Berharap Jatim Juga Jadi Tuan Rumah

Jawa Timur diharapkan turut menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan sepakbola  Piala Dunia U-20.
Trofi Piala Dunia u-20/FIFA
Trofi Piala Dunia u-20/FIFA

Bisnis.com, SURABAYA - Jawa Timur diharapkan turut menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan sepakbola  Piala Dunia U-20.

Harapan itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2021.

"Oh iya, masak orang Jawa Timur tidak berharap rek," ujarnya kepada wartawan  di sela inspeksi mendadak di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Minggu (3/11/2019).

Gelora Bung Tomo adalah satu-satunya stadion di Jatim yang sudah diajukan PSSI ke FIFA sebagai salah satu tempat pertandingan Piala Dunia U-20 dua tahun mendatang.

Sembilan stadion lain juga diajukan sebagai venue untuk event itu, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Stadion Manahan di Solo.

Selanjutnya diajukan pula Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar Bali, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Wibawa Mukti di Cikarang Timur, Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, dan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung.

Menpora juga berharap Provinsi Bali yang memiliki Stadion I Wayan Dipta menjadi salah satu tuan rumah.

Mengenai keputusan venue di mana saja yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20, mantan Ketua Komisi II DPR ini menyerahkannya kepada FIFA.

Menteri yang juga politikus Partai Golkar ini mengatakan agar niat menjadi tuan rumah berjalan sukses maka sejumlah pihak, termasuk Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini duduk bersama tanpa mencari siapa yang salah sehingga ada jalan keluar.

"Yang penting adalah bagaimana persyaratan sesuai penetapan FIFA dapat terpenuhi. Mengelola olahraga tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri dan harus bergotong-royong. Kuncinya kita harus bisa menurunkan ego masing-masing dan duduk bareng," kata dia.

Ia juga mengakui dari sisi stadion, GBT memang mendekati standar internasional, namun persyaratan bukan hanya soal lapangan, sarana dan prasarana di luar stadion menjadi pertimbangan.

"Menurut saya, jalan menuju stadion perlu diperlebar dan lingkungan sekitar perlu diperbaiki," kata Menpora yang akrab disapa ZA ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper