Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesta Gol, Rusia Ikuti Belgia Lolos ke Euro 2020

Rusia menyusul Belgia lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menundukkan tuan rumah Siprus 5 - 0 di Nicosia pada Senin (14/10/2019).
Pemain Rusia Artem Dzyuba setelah menjebol gawang Siprus./Reuters-Yiannis Kourtoglou
Pemain Rusia Artem Dzyuba setelah menjebol gawang Siprus./Reuters-Yiannis Kourtoglou

Bisnis.com, JAKARTA – Rusia menyusul Belgia lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menundukkan tuan rumah Siprus 5 - 0 di Nicosia pada Senin (14/10/2019) dini hari WIB.

Dalam pertandingan pekan kedelapan Grup I, tim tamu sudah unggul 2 - 0 saat rehat lewat gol Denis Cherysev pada menit ke-22 dan Magomed Ozdoev 13 menit kemudian.

Pada babak kedua, Rusia menambah tiga gol lagi lewat Srtem Dzyuba (79’), Aleksandr Golovin (89’), dan kembali Cherysev mencetak gol saat laga telah memasuki injury time.

Kemenangan itu memastikan Rusia lolos ke putaran final dengan nilai 21, dipastikan finis di peringkat kedua klasemen akhir Grup I meski setiap tim masih menyisakan dua pertandingan.

Klasemen akhir Grup I dipastikan dipuncaki Belgia dengan nilai 24 setelah dalam pertandingan beberapa jam sebelumnya menang 2 - 0 di Kazakhstan.

Satu pertandingan lain pekan kedelapan, Skotlandia menang telak 6 - 0 ketika menjamu San Marino.Skotlandia hanya menduduki posisi keempat klasemen sementara Grup I dengan nilai 9, di bawah Siprus (10).

Skotlandia lolos ke playoff untuk berebut empat tiket selain juara dan runner up grup. Namun, bukan hasil itu mengantar Skotlandia lolos ke playoff, melainkan pencapaian mereka di Nations League 2018 - 2019.

Di klasemen sementara, Kazakhstan mengisi setrip kelima dengan nnilai 7 dan San Marino di dasar klasemen tanpa nilai karena selalu kalah.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper