Hasil Kualifikasi Euro 2020, Belgia & Rusia Pesta Gol

Belgia dan Rusia pesta gol untuk memantapkan posisi mereka di dua teratas klasemen sementara Grup I kualifikasi Euro 2020.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 11 Oktober 2019  |  06:04 WIB
Hasil Kualifikasi Euro 2020, Belgia & Rusia Pesta Gol
Striker Timnas Belgia Romelu Lukaku (kanan) bersama Dries Mertens. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Belgia dan Rusia pesta gol dalam pertandingan pekan ketujuh Grup I kualifikasi Euro 2020 untuk memantapkan posisi mereka di dua teratas klasemen sementara.

Bermain di Stadion Raja Baudouin di Brusseles, Belgia, pada Jumat (11/10/2019) dini hari WIB, tuan rumah menghabisi San Marino sembilan gol tanpa balas.

Striker Romelu Lukaku mencetak dua gol pada menit ke-28 dan 41. Tujuh gol lainnya dikontribusi Nacer Chadli (31’), bunuh diri pemain San Marino Cristian Brolli (35’), Toby Alderweireld (43’). Yoeri Tielemans (45’), Christian Benteke (79’), penalti Yari Verschaeren (84’), dan Timoty Castagne (90’).

Ketika mencetak gol ketujuh untuk Belgia, Christian Benteke baru bermain selama 3 menit, masuk lapangan menggantikan Romelu Lukaku.

Di laga lain Grup I, Rusia juga pesta gol dengan korbannya adalah Skotlandia. Bermain di Stadion Luzhniki di Moskwa, keempat gol tuan rumah dilesakkan pada babak kedua.

Artem Dzyuba memasok dua gol pada menit ke-57 dan 70, sedangkan dua lainnya dihasilkan Magomed Mustafayevich Ozdoev (60’) dan Aleksandr Golovin (84’).

Hasil satu pertandingan lainnya di Grup I, Siprus menundukkan Kazakhstan 2 - 1 di Astana Arena di Astana, Kazakhstan.

Dengan hasil tiga laga tersebut, Belgia memimpin klasemen sementara Hrup I dengan nilai sempuran 21 hasil sapu bersih tujuh pertandingan dengan kemenangan, diikuti Rusia 18, Siprus 10, Kazakhstan 7, Skotlandia 6, dan San Marino di dasar klasemen tanpa nilai karena selalu kalah di tujuh pertandingan.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas rusia, Timnas Belgia, Euro 2020

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top