Persib vs Arema FC Ditunda, Ini Kata Umuh Muchtar

Pertandingan Persib Bandung kontra Arema FC dipastikan gagal digelar sesuai jadwal yakni Sabtu (28/9) mendatang di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 26 September 2019  |  18:49 WIB
Persib vs Arema FC Ditunda, Ini Kata Umuh Muchtar
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar (kiri) - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Pertandingan Persib Bandung kontra Arema FC dipastikan gagal digelar sesuai jadwal yakni Sabtu (28/9) mendatang di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar menuturkan pertandingan antara Persib Vs Arema FC terpaksa di tunda lantaran pihak kepolisian tidak memberikan izin pertandingan.

Hal tersebut tertuang dalam surat yang dikeluarkan Polda Jabar dengan nomor surat B/5931/IX/PAM.3.3/2019 perihal pemberitahuan penolakan izin pertandingan antara Persib Bandung vs Arema FC hari Sabtu 28 September 2019 di Stadion Si Jalak Harupat.

Dalam surat tersebut tertera alasan penolakan lantaran Persib Bandung dan Arema FC memiliki sejarah rivalitas pendukung kesebelasan yang selalu berkonflik jika bertemu dalam pertandingan, kejadian tahun lalu pada 14 April 2018 pada saat pertandingan antara Arema FC menjamu Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan Malang yang berakhir skor 2-2 berakhir ricuh mengakibatkan korban 1 orang meninggal dunia serta puluhan luka-luka.

Selain itu, melihat situasi politik saat ini dimana banyak terjadi unjuk rasa di Bandung dan sekitarnya sehingga kekuatan pengamanan akan terkonsentrasi pada kegiatan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Umuh mengaku tidak bisa berbuat apa-apa lantaran memang menilai pihak kepolisian sudah memperhitungkan risiko yang akan muncul lantaran setiap pertandingan Persib melawan Arema FC selalu memancing animo Bobotoh untuk memadati stadion Si Jalak Harupat.

“Saya juga menghormati Kapolda, dia juga sayang sama Persib, tidak perlu Saling menyalahkan karena memang situasi seperti ini, mulai dari Jakarta, sampai Bandung tidak kondusif karena masalah nasional,” kata dia di Graha Persib Bandung, Kamis (26/9) sore.

Selain dengan Polda, Umuh juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Plt Ketua PSSI Iwan Budianto lantaran dikhawatirkan dengan tidak keluarnya izin pertandingan, Persib akan dikenail Walk Out (WO). Namun ia mengaku PSSI sudah mengerti dan tidak akan menjatuhi hukuman WO dengan melihat situasi nasional saat ini.

“Tapi Alhamdulilah kita sudah bicara dengan Iwan Budianto Dan dengan Kapolda juga, jadi tidak ada sanksi apa-apa, jadinya diundur. Kita juga saling menghargai,” kata dia.

Meski demikian, Umuh mengaku tidak tahu kapan kepastian pertandingan antara Persib menjamu Arema FC digelar.

“Belum tahu (tanggal pengganti), ini sudah bikin surat, dikirim untuk minta dibatalkan karena arahan kapolda,” katanya. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
persib

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top