Final Liga Champions 2021 Digelar di Gazprom Arena, St. Petersburg

Pertandingan final Liga Champions Eropa 2021 diputuskan akan diselenggarakan di Gazprom Arena (Stadion Krestovsky) di Pulau Krestovsky di Kota St. Petersburg, Rusia.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 25 September 2019  |  08:29 WIB
Final Liga Champions 2021 Digelar di Gazprom Arena, St. Petersburg
Gazprom Arena di Pulau Krestovsky di St.Petersburg, Rusia. - Wikipedia-Aleksandr Savin

Bisnis.com, JAKARTA – Union of European Football Associations (UEFA) mengumumkan bahwa final Liga Champions Eropa 2021 diselenggarakan di Gazprom Arena (Stadion Krestovsky) di Pulau Krestovsky di Kota St. Petersburg, Rusia, demikian dilansir laman resmi badan tersebut.

Stadion-stadion untuk tiga final selanjutnya juga dipaparkan pada pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Ljubljana, Slovenia, yakni Munchen (Jerman) akan menjadi tuan rumah pada 2022, dan final 2023 berlangsung di Wembley, London, Inggris.

Terkait pemilihan lokasi untuk final tiga tahun mendatang, UEFA bukan hanya mempertimbangkan permintaan tiket pertandingan, namun juga menekankan pada ketersediaan kamar-kamar hotel dan infrastruktur transportasi.

Hal itu berdampak pada semakin sedikit kota-kota di Eropa yang mampu menyelenggarakan pertandingan sebesar itu.

"Arena-arena yang terpilih memiliki mobilitas, hotel-hotel yang layak, dan hal-hal lain. Masalah yang kami miliki, dan mungkin masalah di mana-mana, terkadang hotel-hotel mengambil keuntungan dari fakta bahwa final Liga Champions diselenggarakan di kota tertentu," kata Presiden UEFA Aleksandar Ceferin.

"Saya yakin jika Anda memeriksa ketiga kota itu dalam waktu setengah jam lagi, Anda akan melihat bahwa harga kamar hotel sudah mulai naik."

Ceferin mengakui pihaknya sulit untuk memengaruhi atau mengintervensi hal seperti itu. Dia hanya mengharapkan pemilihan kota dengan jaringan hotel yang sudah matang memberi banyak opsi kepada para pengunjung atau penggemar sepak bola.

UEFA juga mengumumkan arena yang akan menjadi tuan rumah final Liga Europa 2021 yakni Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Spanyol.

Kota Spanyol itu mengungguli ibu kota Georgia, Tbilisi, ketika laga final Liga Europa akan kembali dimainkan di Eropa barat. Final Liga Europa tahun lalu digelar di Baku, Azerbaijan, sedangkan final tahun depan diselenggarakan di Gdanks, Polandia. Dua negara terakhir adalah wilayah Eropa timur.

Pertandingan Piala Super UEFA 2021, yang mempertemukan juara Liga Champions dan Liga Europa, akan digelar di Belfast, Irlandia Utara.

Pertandingan Piala Dunia

Dalam catatan Bisnis.com, Gazprom Arena merupakan tempatb penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia 2018. Tercatat tujuh pertandingan Piala Dunia tahun lalu digelar di sana termasuk semifinal Prancis mengalahkan Belgia 1 - 0 dan perebutan tempat ketiga Belgia menaklukkan Inggris 2 - 0.

Gazprom Arena, yang sehari-hari adalah markas kub Zenit, juga menjadi venue empat pertandingan Piala Konfederasi 2017 termasuk laga final ketika Jerman menundukkan Cile dengan skor tipis 1 - 0.

Gazprom Arena aslinya bernama Stadion Krestovsky dan berada di pulau seluas 3,4 km2 yakni Pulau Krestovsky di dalam Kota St. Petersburg yang dahulu bernama Leningrad dan merupakan kota kedua terbesar di Rusia setelah Moskwa, ibu kota negara.

Penggunaan nama Gazprom merujuk pada sponsorship stadion tersebut. Fazprom adalah perusahaan migas dan petrokimia yang saham terbesarnya dimiliki Pemerintah Rusia melalui Federal Agency for State Property Management (Rosimushchestv) dan Rosneftegaz.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
liga champions, uefa

Sumber : Antara/UEFA.com & berbagai sumber

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top