Hasil Liga Belanda: Sengit, Ajax Dipaksa Bermain Imbang oleh PSV

Hasil Liga Belanda: Sengit, Ajax Dipaksa Bermain Imbang oleh PSV
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 September 2019  |  00:47 WIB
Hasil Liga Belanda: Sengit, Ajax Dipaksa Bermain Imbang oleh PSV
Suporter Ajax Amsterdam. - Reuters/Piroschka van de Wouw

Bisnis.com, JAKARTA - Ajax harus rela berbagi satu poin dengan PSV Eindhoven seusai main imbang 1-1 dalam lawatan ke Stadion Philips untuk laga pekan ketujuh Liga Belanda, Minggu (22/9/2019).

Gol Quincy Promes yang sempat membawa Ajax unggul berhasil dibalas PSV lewat Donyell Malen, penyerang mereka yang tengah naik daun, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Kendati demikian hasil itu cukup bagi kedua tim untuk mengamankan kembali posisi mereka di dua teratas klasemen setelah sempat digusur oleh Vitesse Arnhem selama kurang dari 24 jam.

Ketiga tim sama-sama memiliki 14 poin namun Ajax unggul selisih gol berupa surplus 14 gol, disusul PSV surplus 11 gol di posisi kedua dan Vitesse ketiga dengan surplus empat gol saja.

Baik Ajax maupun PSV masih punya kesempatan untuk menciptakan keunggulan di klasemen, mengingat keduanya akan menjalani laga tunda pekan keempat pada tengah pekan mendatang.

Pertandingan berjalan sangat ketat, namun Ajax sedikit mengungguli agresivitas tuan rumah.

Pun demikian peluang yang kedua tim ciptakan tak kunjung membuahkan hasil hingga turun minum, termasuk tembakan sudut sempit penyerang Ajax Dusan Tadic pada pengujung babak pertama masih bisa diamankan kiper Jeroen Zoet.

Promes akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-63 saat ia menerima umpan kiriman Tadic dan melepaskan tembakan terukur ke sudut kiri bawah gawang.

Ajax hampir menggandakan keunggulan lima menit berselang saat Hakim Ziyech berhasil menerima bola umpan sundulan Edson Alvarez, namun tembakannya masih bisa diamankan oleh Zoet.

PSV yang tak tinggal diam akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-78 saat umpan terobosan Cody Gakpo berhasil dikuasai Malen dan diselesaikan dengan baik untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Kedua tim berusaha mencari gol kemenangan pada sisa waktu yang ada, namun tak ada peluang cukup berbahaya terjadi hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Susunan pemain Ajax Vs PSV:

Ajax (4-3-3): Jeroen Zoet; Denzel Dumfries, Timo Baumgartl, Nick Viergever, Michal Sadilak (Olivier Boscagli); Pablo Rosario, Mohammed Ihattaren, Jorrit Hendrix (Cody Gakpo); Bruma, Donyell Malen, Steven Bergwijn
Pelatih: Erik ten Hag

PSV Eindhoven (4-3-3): Andre Onana; Sergino Dest, Joel Veltman, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Edson Alvarez, Quincy Promes, Lisandro Martinez; Hakim Ziyech, Dusan Tadic, David Neres (Donny van de Beek)
Pelatih: Mark van Bommell

Feyenoord juga Bermain Imbang

Gelandang Jens Toornstra mencetak gol pada menit-menit akhir pertandingan untuk menyelamatkan Feyenoord dari kekalahan kontra FC Emmen dan menutup laga pekan ketujuh Liga Belanda tersebut dengan skor imbang 3-3 di Stadion De Oude Meerdijk, Minggu.

Raihan satu poin jelas bukan hasil optimal bagi Feyenoord yang unggul dua gol lebih dulu dan bahkan ketika tertinggal juga memperoleh keuntungan sebab tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-76 menyusul kartu merah untuk Michael Heylen, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Meski demikian, Feyenoord masih menjaga catatan tak terkalahkan mereka sejak awal musim walaupun kini hanya menduduki peringkat ke-10 klasemen dengan koleksi sembilan poin, sedangkan Emmen (6) tak beranjak dari urutan ke-16.

Tim besutan Jaap Stam itu membuka pertandingan dengan sangat baik dan bahkan unggul cepat dua gol dalam 12 menit awal.

Orkun Kokcu membuka keunggulan Feyenoord pada menit ketiga sebelum sembilan menit berselang umpan kiriman Steven Berghuis berhasil diselesaikan dengan baik oleh Luciano Narsingh dengan tembakan jarak dekat.

Namun, keunggulan Feyenoord bahkan tak bertahan hingga babak pertama usai.

Emmen memperkecil ketertinggalan terlebih dulu lewat gol Robbert de Vos pada menit ke-21 saat ia memanfaatkan umpan dari Michael de Leeuw.

Lantas pada menit ke-32 sebuah tembakan jarak jauh Sergio Pena berhasil mengoyak gawang Feyenoord tanpa mampu diantisipasi kiper Kenneth Vermeer.

Feyenoord hampir merestorasi keunggulan tiga menit kemudian jika saja bola tembakan Sam Larsson tak ditolak oleh mistar gawang.

Tiga menit berselang gilirang peluang Emmen lewat Glenn Bijl yang digagalkan oleh tiang gawang dan kedua tim turun minum dalam kedudukan imbang 2-2.

Emmen berhasil membalikkan keadaan dan merebut keunggulan lewat Luciano Slagveer yang mencetak gol dari sudut sempit usai menerima bola sundulan Bijl pada menit ke-59.

Feyenoord mendapat keuntungan seusai kartu merah yang diterima Heylen dan pelatih Emmen Dick Lukkien mengantisipasi hal itu dengan memasukkan Ferhat Gourguelue menggantikan Pena untuk menambal lini pertahanan timnya.

Hal itu hampir saja sukses membuat Emmen mengamankan tiga poin, namun tepat pada menit keenam masa injury time lewat serangan pamungkas dari situasi bola mati Toornstra berhasil menyambut umpan kiriman Naoufal Bannis untuk memaksakan skor imbang 3-3.

Feyenoord masih berpeluang untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen sementara mengingat mereka memiliki satu laga tunda pekan keempat yang akan dimainkan pada Kamis (26/9) melawan AZ Alkmaar.

Susunan pemain:

FC Emmen (4-2-3-1): Dennis Telgenkamp; Glenn Bijl, Michael Heylen, Nick Bakker (Keziah Veendorp), Jan-Niklas Beste; Michael Chacon, Tom Hiariej; Luciano Slagveer (Wouter Marinus), Sergio Pena (Ferhat Gourguelue), Robbert de Vos; Michael de Leeuw
Pelatih: Dick Lukkien

Feyenoord (4-3-3): Kenneth Vermeer; Rick Karsdorp, Eric Botteghin, Edgar Ie (Marcos Senesi), Ridgeciano Haps; Renato Tapia (Naoufal Bannis), Orkun Koucku (Jens Toornstra), Leroy Fer; Steven Berghuis, Luciano Narsingh, Sam Larsson
Pelatih: Jaap Stam

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ajax, psv eindhoven

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top