Jadwal Grup A Liga Champions, Madrid & PSG Kandidat Lolos ke 16 Besar

Perebutan trofi Liga Champions Eropa musim 2019 - 2020 mulai digelar pekan depan. Sebanyak 32 tim akan bertarung di fase grup.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 September 2019  |  13:54 WIB
Jadwal Grup A Liga Champions, Madrid & PSG Kandidat Lolos ke 16 Besar
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane (tengah) dan keluarganya bergambar bersama trofi Liga Champions Eropa pada 2017. - Reuters/Eddie Keogh

Bisnis.com, JAKARTA – Perebutan trofi Liga Champions Eropa musim 2019 - 2020 mulai digelar pekan depan. Sebanyak 32 tim akan bertarung di fase grup.

Mereka akan dibagi menjadi delapan grup dengan setiap grupnya dihuni empat tim. Dua tim teratas di klasemen akhir akan melaju ke babak 16 besar atau perdelapan final.

Real Madrid dan Paris Saint-Germain (PSG) jelas menjadi tim unggulan yang akan bisa meloloskan diri dari Grup A, mengingat dua pesaing lainnya "hanya" Club Brugge dan Galatasaray.

Terlebih, Madrid kini punya senjata baru bernama Eden Hazard yang bakal diberi sentuhan tangan dingin pelatih juara tiga kali Liga Champions beruntun, Zinedine Zidane.

Tentu saja, kepindahan Hazard ke Madrid bukan tanpa risiko, mengingat hingga 3 pekan La Liga Spanyol digelar bintang Belgia itu baru menginjak rumput Stadion Santiago Bernabeu hanya pada momen pengenalannya.

Hazard yang bugar adalah monster berbahaya bagi tim mana pun, termasuk lini belakang PSG yang dihuni duo legiun Brasil, Marquinhos dan Thiago Silva.

Di sisi lain, Zidane juga punya beban besar kembali menggeluti pekerjaan di Madrid setelah meninggalkannya selama 8 bulan dengan pencapaian yang luar biasa.

Nama PSG menghiasi halaman-halaman terdepan surat kabar, tetapi hanya sebagai atribusi tambahan dari pelaku utamanya, Neymar da Silva Santos Jr.

Neymar tak betah di PSG. Neymar ingin pulang ke Barcelona. Neymar kecewa karena batal pulang ke Barcelona. Berbagai tajuk lainnya tentang Neymar terus bermunculan dalam pemberitaan sepak bola dunia.

Pada akhirnya Neymar tak jadi pulang ke Barcelona, atau setidaknya tertunda hingga bursa transfer musim dingin dibuka lagi Januari 2020.

Satu-satunya resep jitu bagi PSG untuk bisa memiliki musim yang baik entah di Champions ataupun Liga Prancis adalah dengan memastikan para pemainnya mengabaikan segala kebisingan tentang Neymar.

Jika Neymar memutuskan mau mematuhi kontrak yang dimilikinya dan mengenakan seragam PSG lagi, ia tentu masih punya kemampuan untuk membantu Le Parisien melewati Brugge dan Galatasary serta memberi perlawanan hebat melawan Madrid.

Laga pertama PSG menghadapi Madrid boleh jadi akan menjadi tantangan berat sebab Kylian Mbappe hampir dipastikan absen karena cedera hamstring, sementara kebugaran Julian Draxler dan Edinson Cavani masih diliputi tanda tanya.

Kendati tak diunggulkan tentu saja Brugge dan Galatasary siap menimbulkan kejutan untuk dua raksasa di Grup A.

Musim lalu kedua tim sama-sama cuma menempati peringkat ketiga fase grup dan hijrah ke Liga Europa namun juga terhenti di putaran 32 besar.

Galatasaray di satu sisi punya beberapa nama baru dengan kedatangan Radamel Falcao, Ryan Babel, Steven Nzonzi, Emre Mor, dan Jean Michael Seri. Dua nama pertama permanen, sisanya pinjaman.

Falcao kini memasuki usia 33 tahun dan tentu butuh pembuktian bahwa ia masih memiliki sisa ketajaman yang pernah diperlihatkan kala merajai Liga Europa bersama Porto dan Atletico Madrid.

Sementara Brugge, boleh jadi bakal dianggap tim terlemah di Grup A, namun mereka punya satu orang peraih medali juara Champions musim lalu dalam diri sang kiper Simon Mignolet, yang meninggalkan Liverpool demi kesempatan bermain lebih banyak.

Salah satu tulang punggung lainnya yang banyak berperan atas kelolosan Brugge yakni Hans Vanaken. Gelandang berusia 27 tahun itu mencetak tiga gol dalam empat pertandingan fase kualifikasi dan playoff, sehingga mungkin ia akan berperan pentng lagi bagi Brugge menghadapi tim-tim raksasa di Grup A.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
liga champions, real madrid, PSG

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top