Prediksi Indonesia Vs Malaysia: Simon Akui Butuh Pemain Naturalisasi

Prediksi Indonesia Vs Malaysia: Simon Akui Butuh Pemain Naturalisasi
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 September 2019  |  20:24 WIB
Prediksi Indonesia Vs Malaysia: Simon Akui Butuh Pemain Naturalisasi
Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy - PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Nasional Indonesia atau Timnas Indonesia diperkuat empat pemain naturalisasi saay menghadapi Malaysia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy menjelaskan pemain naturalisasi dibutuhkan dalam tim karena mereka mempunyai mental dan pengalaman bermain yang cukup bagus. Juru taktik asal Skotlandia ini menyebut, pengalaman pemain naturalisasi yang sudah sering bermain di banyak negara bisa berguna buat skuat Garuda. "Saya membutuhkan pemain naturalisasi tidak hanya untuk di dalam lapangan, tetapi juga di luar lapangan," ujar McMenemy dalam sesi konferensi pers jelang laga di Stadion GBK, Rabu (4/9/2019).

Empat pemain naturalisasi yang dimaksud McMenemy adalah Victor Igbonefo, Stefano Lilipaly, Beto Goncalves, dan Osas Saha. Sebelumnya, McMenemy sempat memanggil dua pemain naturalisasi Greg Nwokolo (Madura United) dan Otavio Dutra (Persebaya Surabaya). Namun Greg dipulangkan karena alasan cedera sedangkan Dutra belum bisa dimainkan karena proses naturalisasinya belum rampung.

Pelatih berusia 41 tahun ini mengatakan, ada perbedaan mental bertandingan antara pemain yang sudah merasakan kompetisi luar negeri dan pemain yang hanya berlaga di Liga Indonesia. Sebagian besar pemain naturalisai dipanggilnya, kata McMenemy, sudah sering bermain di liga-liga di negara lain. "Kita berbicara soal mental pemain yang berani bermain ke luar negeri, cari tantangan baru. Itu yang di Indonesia masih kurang dan masih sedikit," ujar McMenemy.

McMenemy mengatakan, pemain naturalisasi bakal memberikan pengaruh positif bagi pemain lain. Harapannya, kata dia, pengalaman yang dimiliki pemain naturalisasi bisa ditularkan kepada pemain muda di timnya. "Saya hati-hati dalam memilih pemain naturalisasi karena kami juga punya beberapa pemain muda yang masuk ke dalam tim, seperti Bagus (Kahfi) dan Hanif (Sjahbandi). Saya berharap mereka (pemain naturalisasi) bisa memberikan informasi kepada pemain yang lebih muda," kata McMenemy berharap pemain naturalisasi bisa membimbing juniornya.

Pertandingan Indonesia vs Malaysia merupakan laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G. Di grup ini, Indonesia juga bersaing dengan negara Asia Tenggara lainnya, yakni Thailand dan Vietnam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas indonesia

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top