Hasil Piala Super Eropa: Liverpool Juara Usai Kalahkan Chelsea

Hasil Piala Super Eropa: Liverpool Juara Usai Kalahkan Chelsea
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 15 Agustus 2019  |  04:45 WIB
Hasil Piala Super Eropa: Liverpool Juara Usai Kalahkan Chelsea
Piala Super Eropa - Liverpool

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Liverpool vs Chelsea di ajang Piala Super dimenangi oleh Liverpool lewat drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 2-2 hingga 120 menit. 

Dalam pertandingan yang digelar di Istanbul, Kamis (15/8/2019) dini hari, gol Chelsea diciptakan oleh Olivier Giroud di menit 35 dan gol balasan Liverpool dicetak Sadio Mane di menit 48 babak kedua. Mane mencetak gol kedua di menit 95 dan Jorginho dari Chelsea menjebol gawang Liverpool di menit 103.

Liverpool dan Chelsea di babak pertama saling jual beli serangan. Peluang terbaik Chelsea dibuat oleh Pedro namun sepakannya masih membentur mistar gawang Liverpool yqng dijaga Adrian.

Sedangkan kesempatan emas diraih Mohamed Salah untuk mencetak gol di babak pertama namun sepakan pemain asal Mesir itu dihalau Kepa Arizabalaga dengan baik.

Gol Chelsea dicetak Giroud di menit 35 setelah memanfaatkan assist dari Christian Pulisic yang membelah bek Liverpool. Giroud dengan dingin menaklukkan Adrian menggunakan kaki kiri.

Jorginho sempat membuat gol untuk Chelsea lewat aksi solo run tetapo dianulir wasit karena dalam posisi offside saat menerima umpan.

Mane kemudian membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 di menit 48. Gol Mane berawal dari Firmino yang lolos dari jebakan offside. Dengan cerdik pemain asal Brasil itu memberi umpan ke Mane yang tidak terjaga.

Kepa melakukan dua penyelamatan luar biasa di menit 74 untuk menjaga gawang Chelsea tidak kebobolan. Aksi pertama saat menghalau tendangan Salah dan yang kedua menepis sepakan Virgil Van Dijk dari jarak dekat. Skor Liverpool vs Chelsea masih 1-1.

Chelsea mencetak gol di menit 83 namun Mason Mount sudah lebih dahulu berada dalam posisi offside.

Mane nyaris mencetak gol kedua buat Liverpool di menit 85 tetapi sayang sontekannya melenceng tipis dari gawang Chelsea.

Mane kemudian mencetak gol kedua buat Liverpool di menit 95 setelah memanfaatkan umpan tarik Firmino. Skor Liverpool vs Chelsea 2-1.

Chelsea kemudian bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di laga ini lewat tendangan penalti di menit 101. Kiper Liverpool Adrian melakukan kesalahan dengan menjatuhkan striker Chelsea, Tammy Abraham di kotak penalti. Jorginho yang maju sebagi algojo dengan dingin menendang bola pelan ke gawang Liverpool.

Abraham nyaris menambah keunggulan Chelsea di menit 103, sayang sontekannya melenceng tipis dari gawang Liverpool. Hingga pertandingan babak kedua extra time selesai, skor Liverpool vs Chelsea tetap 2-2.

Penalti:

Chelsea:

Jorginho: Gol

Ross Barkley: Gol

Masoun Mount: Gol

Emerson: Gol

Abraham: Gagal

Liverpool:

Firmino: Gol

Fabinho: Gol

Origi: Gol

Alexander Arnold: Gol

Salah: Gol

Susunan pemain Liverpool vs Chelsea:

Liverpool: Adrian, Gomez, Matip, Van Dijk, Robertson, Fabinho, Milner, Henderson, Oxlade-Chamberlain, Mane, Salah

Chelsea: Kepa, Azpilicueta, Christensen, Zouma, Emerson, Jorginho, Kante, Kovacic, Pedro, Giroud, Pulisic

Prediksi Liverpool Vs Chelsea: Ini Statistik Liverpool Vs Chelsea

Liverpool akan berusaha untuk menyamai pencapaian Real Madrid dalam perebutan Piala Super UEFA saat mereka ketika bertemu Chelsea, Kamis (15/8/2019) dini hari nanti untuk ke-11 kalinya dalam kompetisi Eropa malam ini.

Pemenang Liga Champions akan menghadapi pemenang Liga Europa musim lalu di pertandingan tahunan, yang akan dimainkan di Besiktas Park, Istanbul.

Kemenangan sebelumnya tahun 1977, 2001 dan 2005, kemenangan Piala Super keempat untuk The Reds akan membuat mereka menyamai capaian Real dan hanya berjarak satu di belakang AC Milan dan Barcelona dalam sejarah turnamen tersebut.

Ini adalah edisi ke-44 Piala Super Eropa tetapi yang pertama diadakan di Turki dan yang pertama menampilkan dua tim Inggris sekaligus.

Liverpool adalah klub Inggris terakhir yang memenangkan Piala Super, pada tahun 2005. Tim Liga Premier lainnya telah kalah dalam empat pertandingan final - Manchester United (pada 2008 dan 2017) dan Chelsea (pada 2012 dan 2013).

The Reds akan memperebutkan gelar Piala Super keenam setelah menang pada tahun 1977 dan 2005 sebagai pemenang Piala Eropa, ditambah pada tahun 2001 sebagai pemegang Piala UEFA. Mereka kalah pada 1978 dan 1984.

Hanya Barcelona (sembilan), AC Milan dan Real Madrid (masing-masing tujuh) yang memiliki lebih banyak gelar daripada Liverpool.

Liverpool dan Chelsea akan bertemu untuk yang ke 11 kalinya di kompetisi Eropa. Lima dari pertemuan sebelumnya berakhir dengan seri, dengan The Reds menang dua, satu lebih sedikit dari London.

Kedua kemenangan The Reds adalah dengan skor 1-0 - keduanya di Anfield pada semifinal Liga Champions pada 2005 dan 2007.

Penampilan Joel Matip berikutnya untuk Liverpool akan menjadi yang ke-100 di semua kompetisi untuk klub.

Ini akan menjadi final Piala Super keempat Chelsea; mereka menang untuk pertama kalinya pada tahun 1998 ketika sebuah gol dari pemain pengganti Gus Poyet mengalahkan Real Madrid 1-0.

Musim lalu, striker Blues Olivier Giroud menjadi pemain pertama yang mencetak 11 gol untuk klub Inggris di kompetisi utama Eropa sejak Alan Shearer pada 2004-05.

Frank Lampard bermain 39 kali melawan Liverpool dalam karirnya – sama seperti John Terry - yang paling banyak dilakukan oleh pemain dari Stamford Bridge.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
chelsea, Liverpool

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top