Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA PUTRI : Negara Peserta Sepak Bola Bertambah Menjadi 32

Sembilan negara telah mengajukan diri sebagai tuan rumah, yaitu Argentina, Australia, Bolivia, Brasil, Kolombia, Jepang, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Korea Selatan.
Striker Timnas putri Amerika Serikat, Alex Morgan/Reuters
Striker Timnas putri Amerika Serikat, Alex Morgan/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Badan sepak bola dunia FIFA telah menyetujui penambahan jumlah tim peserta Piala Dunia Putri dari 24 tim menjadi 32 mulai 2023 serta membuka kembali proses bidding untuk tuan rumah.

Turnamen itu sebelumnya telah mengalami penambahan jumlah peserta dari 12 tim di pegelaran pertama pada 1991 menjadi 24 tim di dua edisi terakhir.

"Dewan FIFA telah menyetujui proposal untuk menambah jumlah tim peserta di Piala Dunia Putri dari 24 menjadi 32, yang berlaku mulai edisi selanjutnya dari turnamen pada 2023," demiian pernyataan resmi FIFA di laman resmi seperti dikutip Reuters, Kamis (1/8/2017) dini hari.

Dengan itu, jumlah peserta turnamen menyamai apa yang telah diterapkan di Piala Dunia Putra sejak 1998.

Sembilan negara sejauh ini telah mengajukan diri sebagai tuan rumah, yaitu Argentina, Australia, Bolivia, Brasil, Kolombia, Jepang, Selandia Baru, Afrika Selatan dan Korea Selatan.

FIFA akan mengirimkan surat edaran bulan depan kepada sembilan anggotanya yang telah mengajukan diri juga kepada anggota yang lain yang tertarik untuk menjadi tuan rumah turnamen.

Batas akhir baru penyerahan dokumen adalah Desember 2019 sementara tuan rumah akan ditentukan pada Mei tahun depan.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan bahwa kesuksesan turnamen edisi 2019 di Prancis, dengan Amerika Serikat juara untuk kali keempatnya, dan kesempatan bagi negara yang lebih banyak untuk ikut kualifikasi merupakan faktor kunci dari keputusan mereka untuk menambah jumlah peserta menjadi 32.

"Kesuksesan besar Piala Dunia Putri tahun ini di Prancis memberi gambaran jika ini adalah saat yang tepat untuk menjaga momentum dan membuat langkah konkret untuk memupuk perkembangan dunia sepak bola putri," kata Infantino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper