Nigeria Singkirkan Afsel, Lolos ke Semifinal Piala Afrika 2019

Nigeria melaju ke semifinal Piala Afrika 2019 setelah menundukkan Afrika Selatan dengan skor tipis 2 - 1 di fase 8 besar di Kairo, Mesir.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 11 Juli 2019  |  04:36 WIB
Nigeria Singkirkan Afsel, Lolos ke Semifinal Piala Afrika 2019
William Troost-Ekong (depan) meluapkan sukacita setelah menjebol gawang Afrika Selatan. - Reuters/Amr Abdallah Dalsh

Bisnis.com, JAKARTA – Nigeria melaju ke semifinal Piala Afrika 2019 setelah menundukkan Afrika Selatan dengan skor tipis 2 - 1 di fase 8 besar di Kairo, Mesir, pada Kamis (11/7/2019) dini hari WIB.

Gol kemenangan Nigeria ditentukan ketika pertandingan bersisa 2 menit melalui William Troost-Ekong, bek klub Serie A Italia Udinese. Dia membelokkan dengan lutut arah bola hasil sepak pojok assist Moses Simon.

Nigeria sebelumnya membuka keunggulan pada menit ke-27 lewat aksi pemain sayap Samuel Chukwueze, yang sehari-hari merumput bersama kontestan Serie A Italia Udinese.

Namun, keunggulan tiga kali juara Piala Afrika pada edisi 1980, 1994, dan 2013 itu sempat lepas ketika Afsel, juara edisi 1996, menyamakan kedudukan pada menit ke-71 melalui Bongani Zungu.

Gol itu merupakan bidikan tepat sasaran pertama tim berjuluk Bafana-Bafana sepanjang pertandingan. Gol itu pun sempat diduga offside sebelum kemudian wasit Redouane Jiyed (Maroko) mengesahkannya setelah meninjau video asisten wasit (VAR).

Pemanfaatan CAR ini merupakan yang pertama kali di turnamen ini sejak dipergunakan mulai babak perempat final.

Dengan kemenangan itu, Nigeria membuka peluang untuk meraih gelar keempat mereka sepanjang sejarah turnamen antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) tersebut.

Di semifinal, Nigeria, tim berjuluk Elang Super yang ditukangi pelatih asal Skotlandia Stuart Baxter, akan bertemu pemenang laga 8 besar antara Pantai Gading dan Aljazair yang digelar pada Kamis tengah malam WIB.

Pertandingan semifinal antara Nigeria melawan pemenang Pantai Gading versus Aljazair dijadwalkan berlangsung pada Senin (15/7/2019) dini hari WIB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala afrika, Timnas Nigeria

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top