Semifinal AFC Cup: PSM Makassar Tekuk Becamex 2-1 tetapi Tersingkir. Ini Videonya

PSM Makassar menggelar pertandingan leg-2 semifinal AFC Cup  Zona Asean dengan menjamu tim Vietnam, Becamex Binh Duong hari ini, Rabu (26/6/2019). Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan PSM Makassar, namun yang lolos adalah Becamex Binh Duong karena memiliki tabungan 1 gol tandang.
Sutarno Sutarno | 26 Juni 2019 17:38 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, JAKARTA – PSM Makassar menggelar pertandingan leg-2 semifinal AFC Cup Zona Asean dengan menjamu tim Vietnam, Becamex Binh Duong hari ini, Rabu (26/6/2019). Skor sementara 2-1 menit 87.

Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan PSM Makassar, namun yang lolos adalah Becamex Binh Duong karena memiliki tabungan 1 gol tandang.

Simak videonya dari akun Youtube VTV Giai Tri di atas.

Berdasarkan data The-af.com, pertandingan digelar di Stadion Pekansari, Cibinong dengan jadwal kick off pukul 15.30 WIB. PSM Makassar menggunakan Stadion Pakansari sebagai home base, karena markasnya Stadiion Andi Mattalata dinilai tak layak oleh AFC.

PSM Makassar kalah 0-1 dalam pertandingan leg-1 di markas Becamex Binh Duong, Stadion Go Dau, Kota To Dau Mot, Vietnam, pada 18 Juni 2019. 

Dengan demikian untuk lolos ke partai final, PSM Makassar harus menang minimal 3-1 atau memaksa pertandingan diakhiri dengan adu penalti.

17:31 WIB

Babak II

Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan PSM Makassar atau aggregate 2-2.  Namun, Becamex Binh Duong yang  berhak meraih tiket final Zona Asean karena memiliki tabungan 1 gol tandang.

Menit 95: Mansaray hampir saja menjebol gawang PSM. tendangan dari sudut sempit berhasil ditepis Rivky Mokodompit

GOOOL Menit 87: PSM Makassar membalikkan keadaan menjadi 2-1 melalui gol Aaron Evans dengan memanfaatkan umpan tendangan penjuru.

Menit 76: PSM berpeluang membalikkan skor 2-1 melalui sundulan Markkanen, sayang sundulannya masih di atas mistar gawang Becamex.

GOOOL Menit 75: PSM Makassar menyamakan skor 1-1 setelah Ho Tan Tai salah menghalau bola melalui sundulan yang justru mengarah ke gawangnya sendiri.

Menit 69: Tendangan keras Mansarary hampir saja menjebol gawan PSM Makassar. Beruntung arahnya masih menyamping di sini kanan gawang Rivky Mokodompit.

Menit 68: Tendangan keras Ho Tan Tie bisa diblok Rivky Mokodompit.

Menit 60: Becamex memiliki peluang memperbesar skor melalui umpan matang Thanh Thao. Sayang tidak ada kawan yang bisa menjambar umpan matang itu.

Menit 56: Markkanen memiliki peluang besar untuk menjebol gawang Becamex. Sayang sundulan menyilangnya gagal menembus gawang lawan.

Skor 1-0 membuat Becamex memiliki tabungan gol tandang, sehingga PSM harus mati-matian memanfaatkan sisa waktu 45 menit babak kedua  untuk mencetak tiga gol agar membalikkan skor menjadi 3-1, sehingga aggregate menjadi 3-2.

Hasil menang 2-1 apalagi seri 1-1 tak bisa menolong PSM Makassar karena secara aggregate kalah 2-2 dan 1-2, setelah kalah 0-1 di leg-1 di kandang. 

Jika pertandingan berakhir 2-1, maka Becamex lolos dengan tabungan 1 gol tandang kendati aggregate golnya imbang 2-2.

16:22 WIB

Peluang dan Gol Babak I

GOOOL Menit 49:  Wander Luiz mencetak gol melalui sundulan lambung jarak jauh setelah memanfaatkan tendangan penjuru di injury time menit 48.

Menit 42: Pemain Becamex Thanh Tao terlihat sengaja menyentuh bola dengan tangan di kotak penalti, tetapi tidak mendapatkan hukuman penalti oleh wasit. Sepertinya ini untuk mengkompensasi pelanggaran Rivky Mokodompit menit 37.

Menit 37: Becamex mendapatkan peluang melalui Tien Linh tetapi berhasil digagalkan Rivky Mokodompit, yang terlihat melanggar Tien Linh tetapi tidak dianggap pelanggaran oleh wasit.

Menit 30: Umpan matang Ho Tan Tani ke kotak penalti PSM Makassar tidak ada yang menyambut. Gawang Rivky Mokodompit pun aman.

Menit 14: Peluang PSM Makassar melalui tendangan Pluim masih melambung di atas mistar gawang Becamex Binh Doung.

Menit 8: Peluang Becamex melalui Wander Luiz bisa ditangkap penjaga gawang PSM Makassar, Rivky Mokodompit.

Berikut susunan pemain PSM Makassar dan Becamex Binh Duong babak pertama.

11:40 WIB

Menang 3-1 atau Adu Penalti

PSM kalah 0-1 saat menjalani partai tandang di markas Becamex. Simak video pertandingan lengkapnya dari akun Youtube football Live HD di atas.

Oleh karena itu, untuk lolos ke Final Zona Asean, PSM Makassar harus menang minimal 3-1 atau melalui adu penalti. Dengen kemenangan 3-1, Makassar akan lolos dengan aggregate 3-2. 

Kalau hanya menang 2-1, maka PSM Makassar tersingkir kendati aggreate-nya seri 2-2. Hal itu karena Becamex memiliki tabungan 1 gol tandang, sementara PSM Makassar tak punya sama sekali.

Kalau menang, PSM Makassar sudah ditunggu tim Vietnam lainnya, Ha Noi

11:33 WIB

Road to Final

AFC Cup adalah kasta kedua kejuaraan antarklub Asia. Partai semifinal AF Cup diikuti oleh 11 tim, yaitu 9 juara grup (Grup A—Grup I) plus dua runner up terbaik. Dua runner up terbaik itu adalah Becamex Binh Doung (Grup H) dan Al-Jaish (Grup A).

Mereka terbagi ke dalam tiga Zona Final, yaitu Zona Asean, Inter-zone, dan Zona Barat.

PSM Makassar saat ini berjuang di semifinal untuk meraih tiket final Zona Asean, yang sudah ditunggu tim Vietnam lainnya, Ha Noi.

Kalau pun PSM Makassar melaju ke final kemudian mengalahkan Ha Noi dan menjuarai Zona Asean, PSM Makassar harus berjuang di Grand Final melawan pemenang antara Juara Inter-zone vs Juara Asia Barat.

Tag : afc cup, psm makassar
Editor : Sutarno
Top