Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Negara Asean Berminat Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034

Pengamat menilai pencalonan Asean sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2034 dapat mendorong nilai regionalisme dan kebersamaan negara anggota
Stadion Internasional Khalifa di Doha, ibu kota Qatar, salah satu venue Piala Dunia 2022./Reuters
Stadion Internasional Khalifa di Doha, ibu kota Qatar, salah satu venue Piala Dunia 2022./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha mengumumkan bahwa negara-negara Asia Tenggara bakal mengajukan pencalonan dalam bursa tuan rumah gelaran Piala Dunia 2034. Hal ini diungkapkan Prayuth usai melakukan pertemuan dengan para kepala negara Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (Asean) di Bangkok, Mingggu (23/6/2019).

Sejak digelar pertama kali pada 1930, Piala Dunia baru sekali terlaksana di benua Asia, yakni ketika Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama pada 2002. Piala Dunia akan kembali ke Asia pada 2022 mendatang dengan Qatar sebagai tuan rumah.

"Para kepala negara telah menyatakan dukungan supaya kawasan ini menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada 2034, jika mungkin," kata Prayuth seperti dikutip Reuters.

"Saya ingin mengajak seluruh penduduk Asean untuk mendukung asosiasi persepakbolaan di negara masing-masing untuk mewujudkan mimpi ini," sambungnya.

Kawasan Asean adalah rumah bagi lebih dari 640 juta orang. Kawasan ini memiliki populasi penikmat sepakbola yang besar kendati tim nasional negara-negara Asean belum pernah lolos ke fase final Piala Dunia.

Gagasan Asean menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama kali muncul pada awal dekade ini. Sejumlah advokat menilai pencalonan sebagai tuan rumah dapat membantu meningkatkan profil dan integrasi kawasan.

Meski demikian, pengamat mengatakan masih banyak hal yang harus dilakukan untuk memperjelas bagaimana 10 negara melanjutkan pencalonan, termasuk kemungkinan memasukkan satu tim regional yang mewakili pemain terbaik dari wilayah tersebut.

“Menjadi tuan rumah Piala Dunia akan meningkatkan posisi global ASEAN, dan pertama kalinya sebuah blok antarpemerintah regional akan menjadi tuan rumah acara olahraga yang sangat penting,” kata Fuadi Pitsuwan, seorang pengamat kebijakan publik di Universitas Chiang Mai.

Jika pencalonan ini dilanjutkan, Asean juga akan bersaing dengan China yang secara umum dipandang sebagai kandidat kuat untuk menjadi tuan rumah turnamen ini.

"Ada sesuatu yang dapat diraih dari proses pencalonan itu sendiri. Memenangi pencalonan adalah hal kedua, yang terpenting pencalonan ini dapat menggalang regionalisme Asean dan menciptakan rasa kebersamaan," katanya.

Piala Dunia edisi 2002 adalah satu-satunya Piala Dunia yang diselenggarakan oleh lebih dari satu negara, tetapi Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko akan bersama-sama menggelar turnamen ini pada 2026.

Sejauh ini, Myanmar dan Thailand telah menyatakan minatnya untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia U-20 pada 2021. Indonesia juga dikabarkan berminat menjadi tuan rumah tunggal ajang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper