Hasil Copa America : 3 Gol Brasil Dianulir, vs Venezuela Skor 0 - 0 (Video)

Tuan rumah Brasil tampil tidak meyakinkan sehingga dipaksa imbang oleh Venezuela, yang selama ini dianggap tim terlemah di Amerika Selatan, dengan skor 0 - 0 dalam matchday kedua Grup A Copa America 2019.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 19 Juni 2019  |  10:16 WIB
Hasil Copa America : 3 Gol Brasil Dianulir, vs Venezuela Skor 0 - 0 (Video)
Penyerang Brasil Philippe Coutinho sempat merayakan . - Reuters/Rodolfo Buhrer

Bisnis.com, JAKARTA – Tuan rumah Brasil tampil tidak meyakinkan sehingga dipaksa imbang oleh Venezuela, yang selama ini dianggap tim terlemah di Amerika Selatan, dengan skor 0 - 0 dalam matchday kedua Grup A Copa America 2019.

Bertanding di Itaipava Arena Fonte Nova di Salvador, Brasil mendominasi jalannya pertandingan hingga penguasaan bola mencapai 69 persen, tetapi gagal mencetak gol sah sepanjang pertandingan, bahkan hingga waktu tambahan babak kedua mencapai 10 menit.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Rabu (19/6/2019) pagi WIB itu, Brasil mencetak tiga gol, tetapi semua dianulir wasit Julio Bascunan (Cile).

Gol Roberto Firmino dianulir karena dianggap melanggar pemain lawan terlebih dahulu, kemudian gol Gabriel Jesus dianulir karena Formino offside, dan di ujung pertandingan gol Philippe Coutinho juga dibatalkan lantaran Firmino handball sebelum Coutinho menceploskan bola ke gawang Venezuela yang dikawal kiper Wuilker Farinez Aray.

Dengan hasil itu, Brasil belum memastikan lolos ke perempat final, tetapi sudah dipastikan paling tidak finis di peringkat ketiga klasemen akhir Grup A. Dengan demikian, kalau pun kalah di laga terakhir fase grup dari Peru, Brasil berpeluang lolos ke 8 besar sebagai salah satu dari dua peringkat ketiga terbaik.

Dalam pertandingan lain di Grup A yang digelar di Stadion Maracana (Estadio Jornalista Mario Filho) di Rio de Janeiro, Peru menundukkan Bolivia dengan skor 3 - 1.

Bolivia lebih dulu unggul melalui penalti Marcelo Martins pada menit ke-28, tetapi Peru sukses memasok tiga gol melalui kapten tim Jose Paolo Guerrero (45’), Jefferson Farfan (55’), dan Edison Flores ketika pertandingan telah memasuki waktu tambahan.

Dengan hasil ini Peru juga dipastikan paling tidak finis di peringkat ketiga klasemen akhir kalau pun di laga terakhir fase grup dikalahkan Brasil.

Sebaliknya Bolivia di dasar klasemen belum meraih nilai, tapi masih bisa lolos ke 8 besar sebagai salah satu dari dua peringkat ketiga terbaik—nilainya diadu dengan peringkat ketiga Grup B dan C—jika di laga terakhir fase grup mampu mengalahkan Venezuela yang kini mendulang nilai 2 setelah di laga pembuka seri 0 - 0 versus Peru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas brasil, timnas venezuela, copa america

Sumber : Reuters & CopaAmerica.com

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top