Jamaika & El Salvador Buka Kemenangan di Gold Cup

Jamaika dan El Salvador memulai perjuangan mereka di Gold Cup 2019 dengan memetik poin penuh dalam pertandingan Grup C.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 18 Juni 2019  |  13:18 WIB
Jamaika & El Salvador Buka Kemenangan di Gold Cup
Penyerang Jamaika Dever Orgill (kanan) berupaya melepas tendangan dan dihadang bek Honduras Emilio Izaguirre, - GoldCup.org

Bisnis.com, JAKARTA – Jamaika dan El Salvador memulai perjuangan mereka di Gold Cup 2019 dengan memetik poin penuh dalam pertandingan Grup C di Stadion Independence Park di Kingston, Jamaika, pada Selasa (18/6/2019) pagi WIB.

Jamaika mengatasi pelawanan Honduras dengan skor tipis 3 - 2 dengan dua gol di antaranya dilesakkan oleh Dever Orgill pada menit ke-15 dan ke-41 yang membuat tuan rumah memimpin 2 - 0 saat turun minum.

Memasuki babak kedua, Honduras sempat memberikan gol balasan pada menit ke-54 melalui kontribusi Antony Lozano, tetapi hanya berselang 2 menit kemudian Jamaika berhasil memulihkan keunggulan dua gol lewat aksi Damion Lowe.

Setelah itu, Honduras hanya bisa menambah sebiji gol lagi ketika pertandingan telah memasuki waktu tambahan atau injury time dan kali ini giliran Roman Castillo yang mencatatkan namanya di papan skor sehingga Jamaika menang 3 - 2.

Di tempat yang sama sebelumnya El Salvador menang tipis 1 - 0 atas Curacao berkat gol semata wayang Nelson Bonilla ketika babak pertama telah memasuki waktu tambahan.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Jamaika dan El Salvador memimpin klasemen sementara Grup C dengan nilai masing-masing 3. Jamaika berhak mengisi posisi teratas karena unggul dalam hal produktivitas mencetak gol dibandingkan dengan El Salvador.

Putaran final Piala Emas diikuti 16 negara yang lolos kualifikasi yang melibatkan 40 anggota konfederasi tersebut. Satu-satunya negara yang tidak ikut kualifikasi adalah Guatemala yang ketika itu masih menjalani skorsing Federation Internationale de Football Association (FIFA) akibat masalah korupsi.

Ke-16 kontestan putaran final Gold Cup ini dibagi menjadi empat grup. Grup A diisi Meksiko sebagai unggulan, Kanada, Martinique, Kuba dengan seluruh pertandingan digelar di Amerika Serikat.

Grup B diisi Kosta Rika, Haiti, Nikaragua, dan Bermuda dengan dua pertandingan awal digelar di San Jose, Kosta Rika, selanjutnya di AS.

Grup C berisikan Jamaika sebagai unggulan, Honduras, El Salvador, dan Curacao dengan dua pertandingan awal digelar di Kingston, Jamaika, selanjutnya di AS.

Grup D diisi AS sebagai unggulan, Trinidad & Tobago, Panama, dan Guyana dengan seluruh pertandingan digelar di AS.

Setiap dua tim teratas dari setiap grup lolos ke 8 besar atau perempat final. Untuk mengetahui jadwal lengkap fase grup Piala Emas 2019, silakan klik di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gold cup, Timnas Jamaika, Timnas El Salvador

Sumber : Reuters & GoldCup.org

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top