Andrea Pirlo Kenang Saat Menangkan Kejuaraan Eropa U-21

Legenda Italia, Andrea Pirlo tahu persis apa yang diperlukan untuk berhasil dalam kejuaraan level U-21. Gelandang legendaris itu memainkan peran penting ketika Italia memenangkan Kejuaraan Eropa U-21 UEFA pada tahun 2000.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 12 Juni 2019  |  21:25 WIB
Andrea Pirlo Kenang Saat Menangkan Kejuaraan Eropa U-21
Antonio Conte dan Andrea Pirlo - www.corrieredellosport.it

Bisnis.com, JAKARTA—Legenda Italia, Andrea Pirlo tahu persis apa yang diperlukan untuk berhasil dalam kejuaraan level U-21. Gelandang legendaris itu memainkan peran penting ketika Italia memenangkan Kejuaraan Eropa U21 UEFA pada tahun 2000.

Kini, Pirlo menjadi Duta turnamen resmi untuk UEFA U21 EURO 2019, yang akan diadakan di negara asalnya Italia dari 16 hingga 30 Juni 2019. Pemenang Piala Dunia FIFA 2006 ini juga berbicara kepada UEFA.com tentang pentingnya kompetisi U21. Berikut petikan wawancaranya.

Anda sangat sukses di level U21, terutama memenangkan gelar Eropa pada tahun 2000. Seberapa pentingkah pengalaman itu bagi Anda?
Itu sangat penting karena itu adalah petualangan besar pertama saya dengan tim nasional. Ketika Anda bergabung dengan U21,  sebagai anak laki-laki itu adalah mimpi besar Anda. Ketika Anda berhasil bermain untuk U21, Anda mulai menyadari bahwa Anda berada di jalur yang tepat untuk mencapai sesuatu yang besar.

Pada tahun 2000, Anda mencetak dua gol di final melawan Republik Ceko, termasuk tendangan bebas pada akhirnya untuk memenangkan trofi. Apa yang Anda ingat tentang pertandingan itu?
Itu sangat menarik karena kami berhasil menang dan saya mencetak kedua gol yang membuat kami menang. Sangat bagus ketika Anda memenangkan trofi utama pertama Anda karena kami adalah sekelompok rekan setim yang baik yang telah tumbuh bersama sejak kelompok usia yang lebih muda.

Memenangkan Kejuaraan U21 Eropa sangat emosional bagi kita semua. Saya masih punya foto di rumah. Itu adalah trofi pertama saya dan selalu menyenangkan. Ketika Anda seorang pemuda, tidak ada banyak tekanan pada Anda, sehingga Anda dapat menikmatinya lebih banyak.

Mitra lini tengah lama Anda Gennaro Gattuso juga berada di turnamen itu. Bertahun-tahun kemudian, Anda berhasil memenangkan Piala Dunia bersama. Seberapa pentingkah untuk naik melalui peringkat dengan rekan yang sama?
Ya, ini penting karena kami saling kenal dari U18. Kemudian kami bergerak maju bersama selama bertahun-tahun. Ketika Anda mengenal satu sama lain sejak usia muda dan kemudian berhasil bermain bersama di tingkat tinggi seperti tim nasional, itu adalah hal yang luar biasa.

Ini adalah persahabatan yang dimulai ketika Anda masih muda dan berlanjut kemudian, dan itu adalah sesuatu yang Anda simpan selama sisa karier Anda.

Berapa banyak turnamen U21 memberikan pengalaman bagi Anda?
Tentunya berguna karena ini turnamen tingkat tinggi dan Anda bermain melawan pemain terbaik di Eropa. Banyak dari mereka bermain dalam kompetisi seperti Liga Premier atau di Spanyol, jadi Anda menguji diri sendiri melawan para pemain ini, yang hanya bisa membuat Anda berkembang.

Saran saya kepada tim Italia adalah bermain sepakbola dan bersenang-senanglah, itu hal terbaik yang ada. Cobalah untuk membuat kesan yang baik, karena kami Italia dan kami perlu menghidupkan kembali sepakbola kami.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sepakbola, timnas italia

Sumber : uefa.com

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top