Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Final Liga Champions, Liverpool Vs Tottenham: Menang 2-0, Liverpool Juara

Hasil Final Liga Champions, Liverpool Vs Tottenham: Menang 2-0, Liverpool Juara
Mohamed Salah membawa Liverpool juara Liga Champions/Twitter
Mohamed Salah membawa Liverpool juara Liga Champions/Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Pertandingan final Liga Champions, Liverpool vs Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6/2019) dini hari hingga akhirnya dimenangkan Liverpool dengan skor 2-0.

Gol Liverpool dicetak Mohamed Salah lewat sepakan penalti di menit ke-2 dan Divock Origi di menit 87.

Liverpool langsung menciptakan start sempurna setelah unggul di menit ke-2 lewat eksekusi penalti Mohamed Salah. Penalti ini terjadi setelah Mousa Sissoko melakukan hands ball saat menghalau bola sodoran Sadio Mane di detik 28.

Setelah gol ini, Tottenham yang baru pertama kali lolos ke final Liga Champions langsung menekan pertahanan Liverpool yang dikomandoi Virgil van Dijk. Harry Kane yang baru sembuh dari cedera jadi tumpuan Tottenham dalam menjebol gawang Liverpool yang dijaga Alisson Becker.

Trent Alexander Arnold menciptakan peluang di menit ke 15 namun sepakan bek kanan Liverpool itu masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Tottenham yang dijaga Hugo Lloris.

Hingga menit 20 babak pertama, skor Tottenham vs Liverpool tetap 0-1.

Meski Tottenham banyak melakukan penguasaan bola, justru Liverpool yang kembali mendapat peluang di menit 37. Bek kiri Liverpool, Andy Robertson melakukan sepakan keras yang masih bisa ditepis Lloris dan berbuah corners. Skor Liverpool vs Tottenham masih 1-0.

Hingga pertandingan usai, Liverpool tetap memimpin 1-0 atas Tottenham berkat gol yang diciptakan Mohamed Salah di menit ke-2 lewat tendangan penalti.

Babak kedua dimulai. Tottenham langsung mengambil inisiatif serangan dan Liverpool lebih banyak menunggu untuk melakukn serangan balik lewat trio, Salah-Mane-Firmino.

Serangan Liverpool yang digalang dari kedua sayap lebih berbahaya dalam 10 menit babak kedua. Lloris sampai harus keluar dari gawang untuk menghalau crossing Robertson.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp mengganti Roberto Firmino yang tidak berperan di pertandingan ini dengan Divock Origi. Sekedar catatan, Origi mencetak dua gol saat Liverpool mengalahkan Barcelona di semifinal.

Liverpool kembali meraih peluang emas di menit 68. Diawali pergerakan dari Sadio Mane, sepakan James Milner yang baru masuk dibabak kedua melenceng tipis dari gawang Tottenham.

Tottenham mendapat peluang di menit 79 namun sundulan Dele Alli ynag menerima umpan Kieran Trippier melambung dari Liverpool.

Tottenham mendapat dua peluang di menit 80, namun sepakan keras Son Heung Min dan Lucas Moura dapat dimentahkan kiper Liverpool, Alisson.

Alisson kembali menjadi penyelamat Liverpool  di menit 84 usai menggagalkan tendangan bebas Christian Eriksen dari luar kotak penalti.

Diserang terus menerus, Liverpool malah kembali unggul. Divock Origi yang masuk di babak kedua menjebol gawang Lloris di menit 87 lewat sepakan kaki kiri. Skor Liverpool vs Tottenham 2-0 akhirnya bertahan hingga pertandingan usai. Liverpool menjadi juara Liga Champions untuk yang keenam kalinya. Selamat Liverpool!!!

Susunan pemain Liverpool Vs Tottenham, Final Liga Champions:

Liverpool:

Tottenham:

Data fakta final Liga Champions, Liverpool vs Tottenham:

1. Laga final ini akan menjadi edisi ke-64 kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa. Dalam sejarahnya, Real Madrid paling sering tampil di final, yakni 16 kali. Mereka menang 13 kali dan jadi runner-up tiga kali. Tim berikutnya yang sering lolos ke final adalah AC Milan (11 kali, 7 kali juara).

2. Liverpool pernah 8 kali ke final, termasuk musim lalu. Mereka 5 kali juara dan 3 kali jadi runner-up. Mereka terakhir kali juara pada 2005. Tottenham baru pertama kali lolos ke final.

3. Wanda Metropolitano adalah kandang Atletico Madrid. Stadion ini berkapasitas 67 ribu tempat duduk dan baru rampung direnovasi pada September 2017. Pemilihan tuan rumah, untuk pertama kalinya, memakai sistem bidding.

4. Secara keseluruhan, Liverpool dan Tottenham pernah bertemu 170kali. Liverpool menang 79 kali dan Tottenham menang 48 kali. Di level Eropa, keduanya baru bertemu di semifinal UEFA Cup 1972/73. Liverpool menyingkirkan Tottenham lewat gol tandang dalam agregat 2-2 (1-0 kandang, 1-2 tandang).

5. Di Liga Inggris musim ini, Liverpool finis kedua dan Tottenham finis keempat. Musim ini, dalam dua pertemuan di arena domestik, Liverpool terus menang dengan skor sama: 2-1.

6. Tottenham dan Liverpool sama-sama melakukan aksi comeback spektakuler di semifinal. Tottenham menang 3-2 di kandang Ajax lewat hat-trick Lucas Moura untuk memastikan diri lolos ke final melalui keunggulan gol tandang dalam agregat 3-3. Sementara itu, Liverpool menjungkalkan Barcelona dengan agregat 4-3 usai menang 4-0 lewat brace Divock Origi dan Georginio Wijnaldum pada leg kedua di Anfield.

7. Ini akan menjadi final Liga Champions ke-7 antara dua klub senegara. Enam yang sebelumnya adalah Real Madrid vs Valencia (2000), AC Milan vs Juventus (2003), Manchester United vs Chelsea (2008), dan Real Madrid vs Atletico Madrid (2014, 2016). Manchester United vs Chelsea di Moskow 2008 adalah satu-satunya all-English final sebelum ini.

8. Tottenham adalah klub ke-40 berbeda yang mencapai final European Cup /Liga Champions, dan finalis baru pertama sejak Chelsea 2008. Tottenham bisa menjadi klub ke-23 yang menjuarai European Cup /Liga Champions, dan nama baru pertama di trofi sejak Chelsea 2012.

9. Gol terbanyak untuk Tottenham di Liga Champions musim ini: Harry Kane, Lucas Moura (masing-masing 5). Assist terbanyak untuk Tottenham di Liga Champions musim ini: Christian Eriksen (4).

10. Sadio Mane mencetak 13 gol dalam 16 penampilan terakhirnya untuk Liverpool di semua kompetisi. Gol terbanyak untuk Liverpool di Liga Champions musim ini: Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane (masing-masing 4). Assist terbanyak untuk Liverpool di Liga Champions musim ini: Trent Alexander-Arnold (3).

11. Rekor Mauricio Pochettino vs Liverpool: 3 kali menang, 4 kali seri, 7 kali kalah. Rekor dia vs Jurgen Klopp: 1 kali menang, 4 kali seri, 4 kali kalah. Rekor Jurgen Klopp vs Tottenham: 4 kali menang, 4 kali seri, 1 kali kalah. Rekor Klopp vs Mauricio Pochettino: 4 kali menang, 4 kali seri, 1 kali kalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper