Bidik Emas Olimpiade, Jepang Kirim Tim U-23 ke Copa America

Pelatih Timnas Jepang Hajime Moriyasu menetapkan para pemain muda untuk memenuhi undangan bertarung di Copa America 2019 di Brasil.
Bidik Emas Olimpiade, Jepang Kirim Tim U-23 ke Copa America M. Syahran W. Lubis | 01 Juni 2019 08:34 WIB
Bidik Emas Olimpiade, Jepang Kirim Tim U-23 ke Copa America
Hajime Moriyasu - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih Timnas Jepang Hajime Moriyasu menetapkan para pemain muda untuk memenuhi undangan bertarung di Copa America 2019 di Brasil yang dimulai pada 14 Juni dengan hanya memasukkan enam pemain yang pernah membela timnas ke skuat berisi 23 pemain.

Sangat jelas bahwa tujuan Jepang mengikuti Copa America—turnamen antarnegara Amerika Selatan—dengan didominasi para pemain muda merupakan penggemblengan tim U-23 untuk berjuang di ajang Olimpiade musim panas tahun depan di negaranya dengan target meraih medali emas.

Di Olimpiade, cabang olahraga sepak bola melibatkan tim U-23 dengan hanya boleh menambahkan tiga pemain di atas usia tersebut. Tim Moriyasu untuk Copa America menunjukkan rencana besar Jepang menjuarai Olimpiade.

Striker Shinji Okazaki, yang kontraknya baru berakhir dengan Leicester City, dengan 50 gol dalam 116 penampilan untuk Jepang, bergabung dengan kiper Eiji Kawashima dan gelandang Gaku Shibasaki sebagai pemain di atas usia 23 tahun yang diberangkatkan ke Brasil.

Di Brasil, Jepang akan berada satu grup dengan juara terbanyak Copa America Uruguay serta Ekuador dan Chile.

Jepang, runner up Piala Asia 2019, merupakan tim undangan di ajang ini bersama Qatar, juara Piala Asia awal tahun ini di Uni Emirat Arab.

Samurai Biru pernah ikut Copa America 1999, tetapi kandas di fase grup, hanya menjadi juru kunci Grup A I bawah tuan rumah Paraguay, Peru, dan Bolivia.

Pertandingan terdekat Jepang adalah uji coba menghadapi Trinidad – Tobago pada 5 Juni dan El Salvador 4 hari kemudian, keduanya digelar di Jepang. Namun, skuat untuk dua pertandingan tersebut sebagian besar berbeda—diperkuat para pemain yang lebih senior—dengan yang akan bermain di Copa America.

Berikut skuat Jepang untuk Copa America:

Penjaga gawang: Eiji Kawashima (Strasbourg), Ryosuke Kojima (Oita Trinita), Keisuke Osako (Sanfrecce Hiroshima).

Belakang: Naomichi Ueda (Cercle Brugge), Ko Itakura (Groningen), Tomoki Iwata (Oita Trinita), Yugo Tatsuta (Shimizu S-Pulse), Teruki Hara (Sagan Tosu), Daiki Sugioka (Shonan Bellmare), Daiki Suga (Consadole Sapporo), Takehiro Tomiyasu (Sint-Truiden).

Tengah: Gaku Shibasaki (Getafe), Shoya Nakajima (Al-Duhail), Yuta Nakayama (PEC Zwolle), Koji Miyoshi (Yokohama F Marinos), Tatsuya Ito (Hamburger SV), Taishi Matsumoto (Sanfrecce Hiroshima), Kota Watanabe (Tokyo Verdy), Hiroki Abe (Kashima Antlers), Takefusa Kubo (FC Tokyo).

Depan: Shinji Okazaki (Leicester City), Daizen Maeda (Matsumoto Yamaga), Ayase Ueda (Hosei University).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
copa america, timnas jepang

Sumber : Reuters & The Japan Times/Kyodo

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top