Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Nama-nama Bintang Sepak Bola Termahal Tahun 2019, Ronaldo Tidak Masuk

Transfermarkt merilis nama-nama pesepak bola  paling bernilai di dunia. Bukan rahasia besar jika sepak bola telah menjadi industri bisnis yang menjanjikan di Benua Biru. Tak ayal, pemain dengan label mahal dikuasai oleh klub-klub besar Eropa. Nama-nama yang mucul adalah Kylian Mbappe, Neymar, Lionel Messi, Kevin De Bruyne, Ousmane Dembele dan Raheem Sterling.
Sandi Purnomo
Sandi Purnomo - Bisnis.com 29 Mei 2019  |  17:23 WIB
Dua ujung tombak Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe (depan) dan Edinson Cavani. - Reuters
Dua ujung tombak Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe (depan) dan Edinson Cavani. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa waktu lalu, situs resmi Transfermarkt merilis nama-nama pesepak bola  paling bernilai di dunia. Bukan rahasia besar jika sepak bola telah menjadi industri bisnis yang menjanjikan di Benua Biru. Tak ayal, pemain dengan label mahal dikuasai oleh klub-klub besar Eropa.

Transfermarkt sendiri adalah sebuah situs web yang kerap dijadikan acuan akurat tentang informasi transfer pemain sepak bola di seluruh dunia. Perkiraan klausul transfer tersebut berdasarkan pada performa, statistik, dan potensi seorang pesepak bola.  Duo PSG menjadi yang teratas dalam urusan ini.

Berikut lima besar pesepak bola paling bernilai tahun 2019.

1.    Kylian Mbappe

Penampilan cemerlang pemain PSG ini membuatnya menduduki tahta sebagai pemain termahal dengan nilai 200 juta euro atau sekitar Rp3,3 triliun. Mbappe yang baru berusia 20 tahun ini sukses membawa Prancis juara World Cup 2018 dan membawa timnya menjuarai Liga Prancis musim ini. Bintang muda PSG ini menjadi incaran Real Madrid pada transfer musim panas ini.

 2.    Neymar

Eks striker Barcelona menjadi yang kedua dengan nilai yang diperkirakan mencapai 180 juta euro atau sekitar Rp2,99 triliun. Walaupun gagal membawa PSG juara Liga Champions, tak ada yang meragukan kualitas yang dimiliki pemain Timnas Brazil ini. Namun, nilainya saat ini turun jika dibandingkan dengan jumlah yang ditebus PSG dari Barca sebesar Rp3,5 triliun pada 2017 lalu. Meski begitu, nilai transfernya itu masih menjadi rekor transfer pesepak bola termahal.

3.    Lionel Messi

Pemain berjuluk La Pulga ini diprediksi banyak kalangan akan terus bertahan hingga pensiun di Barcelona. Pesepak bola yang kerap disamakan dengan legenda hidup Maradona ini bernilai 160 juta euro atau Rp2,5 triliun. Messi yang bulan depan telah berusia 32 tahun tetap tampil konsisten sejauh ini. Namun, Barcelona membanderol bintangnya ini dengan klausul 700 juta euro,  jika ada klub lain yang ingin meminangnya.

4.    Kevin De Bruyne

De Bruyne menjadi satu-satunya pemain berposisi gelandang yang berhasil nemempatkan dirinya sebagai lima pemain paling bernilai sejagat. Pada musim ini, dia kerap dilanda cedera sehingga tidak tampil penuh membela Manchester City. Menurut Transfermarkt, pemain berkebangsaan Belgia ini memiliki nilai sebesar 150 juta euro atau sekitar Rp2,4 triliun jika mengacu pada nilai tukar rupiah saat ini.

Di posisi keempat ini juga diisi nama-nama besar seperti Mohamed Salah (Liverpool), Harry Kane (Spurs), Eden Hazard (Chelsea), dan pemain yang rumornya bakal meninggalkan Atletico Madrid, Antoine Griezmann.

5.    Ousmane Dembele dan Raheem Sterling

Keduanya merupakan pesepak bola yang berposisi sebagai penyerang sayap. Dembele dan Sterling memiliki tipe permainan yang sama dengan mengandalkan kecepatan di lapangan hijau. Sterling sukses membawa Manchester City meraih treble winner musim ini. Sementara itu, Dembele juga sukses membawa Barcelona juara La Liga musim 2018-2019. Kedua pemain ditaksir memiliki nilai sebesar 120 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun.

Bukan hal mengejutkan jika tidak adanya nama besar Cristiano Ronaldo dalam lima besar pemain paling bernilai tersebut. Usia pemain berjuluk CR7 yang tidak muda lagi membuat nilainya menurun, walaupun dia memberikan penampilan ciamiknya untuk Juventus, dan sukses menjadi pemain terbaik Serie A musim ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepak bola
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top