Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Tottenham Vs Liverpool: Ini Data Fakta Menarik Spurs Vs Liverpool

Prediksi Tottenham Vs Liverpool: Ini Data Fakta Menarik Spurs Vs Liverpool
Dua penyerang andalan Liverpool, Sadio Mane (kanan) dan Mohamed Salah./Reuters-Phil Noble
Dua penyerang andalan Liverpool, Sadio Mane (kanan) dan Mohamed Salah./Reuters-Phil Noble

Bisnis.com, JAKARTA - Final Liga Champions akan menghadirkan pertarungan antara dua tim asal Inggris, Liverpool vs Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6/2019) dini hari. Sejumlah fakta menarik akan mengiringi laga Liverpool vs Tottenham.

Kedua tim mencapai final setelah lolos dari babak semifinal secara dramatis. Liverpool berhasil membalikkan keadaan setelah kalah 0-3 pada laga pertama dari Barcelona. Mereka menang 4-0 pada laga kedua di Stadion Anfield berkat dua gol Divock Origi dan dua gol Georginio Wijnaldum.

Sementara Tottenham kalah 0-1 di kandang dari Ajax Amsterdam. Mereka juga sempat tertinggal 0-2 pada laga kedua di markas Ajax sebelum akhirnya Lucas Moura mencetak hattrick dan membuat mereka menang 3-2 dan lolos berkat agresifitas gol tandang.

Berikut fakta menarik laga final Liga Champions antara Tottenham Hotspur vs Liverpool:

1. Bagi Tottenham, laga ini merupakan final pertama mereka di Liga Champions. Sebelumnya catatan terbaik Tottenham hanya mencapai babak semifinal saja. Itu pun terjadi pada musim 1961-1962. Sementara bagi Liverpool, laga tersebut merupakan kesempatan mereka untuk meraih gelar juara Liga Champions untuk keenam kalinya dalam sejarah.

2. Sejak tahun 2000 terdapat enam laga final dengan dua tim dari negara yang sama. Tiga diantaranya melibatkan tim asal Spanyol. Real Madrid terlibat dalam ketiga laga final sesama tim Spanyol tersebut dan memenangkan ketiga laga itu, yaitu kontra Valencia (2000) dan Atletico Madrid (2014 dan 2016).

AC Milan menumbangkan Juventus pada final sesama tim Italia pada 2003 dan Bayern Munchen memenangkan laga kontra Borussia Dortmund pada 2013. Final sesama tim asal Inggris terjadi pada 2008 ketika Manchester United menumbangkan Chelsea 6-5 lewat adu penalti.

3. Tottenham Hotspur menjadi tim Inggris kedelapan yang tampil di final kompetisi Eropa. Klub-klub asal Inggris paling banyak tampil di final kompetisi Eropa mengalahkan Italia dan Jerman dengan enam tim.

4. Final kali ini menjadi yang kelima kalinya di gelar di Madrid. Namun empat laga sebelumnya selalu digelar di Stadion Santiago Bernabeu, markas Real Madrid.

Laga final Liga Champions antara Tottenham Hotspur vs Liverpool akan berlangsung pada Minggu dini hari 2 Juni 2019 pukul 02.00 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh RCTI dan Total Sport Blast 1.

Peraturan baru di Final Liga Champions dan Final Liga Europa

Badan Sepak Bola Eropa, UEFA, melakukan perubahan aturan untuk final Liga Champions dan Liga Europa. Perubahan aturan tersebut terkait dengan jumlah pemain pengganti yang bisa duduk di bangku cadangan.

Dalam aturan terbarunya, UEFA menyebutkan bahwa tiap tim finalis Liga Champions dan Liga Europa boleh membawa maksimal 23 pemain. Artinya, akan ada 12 pemain cadangan yang boleh dibawa setiap tim.

Pada babak sebelumnya, setiap tim hanya diperbolehkan membawa tujuh pemain duduk di bangku cadangan meskipun setiap laga boleh mendaftarkan hingga 22 pemain.

Selain itu, setiap tim juga diperbolehkan melakukan pergantian pemain keempat jika pertandingan berlangsung imbang selama 90 menit. Dengan kata lain, pergantian pemain keempat hanya boleh dilakukan pada babak tambahan saja.

Final Liga Champions sendiri akan berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano pada Minggu (2/6/2019) dini hari. Tottenham Hotspur akan bertindak sebagai tuan rumah sementara Liverpool sebagai tamu.

Sementara final Liga Europa akan berlangsung di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan pada 30 Mei mendatang. Chelsea akan bertindak sebagai tuan rumah sementara Arsenal sebagai tamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper