Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 9 Aturan Baru UEFA, Salah Satunya Diterapkan di Final Liga Champions

Laga Final Liga Champions Tottenham Hotspur vs Liverpool dan Final Liga Europa antara Chelsea vs Arsenal akan menggunakan aturan baru UEFA.
Pemain Tottenham Hotspurs merayakan gol kemenangan di kandang Ajax dalam pertandinngan semifinal Liga Champions Eropa, Kamis (9/5/2019) dini hari WIB/Twitter @SpursOfficial
Pemain Tottenham Hotspurs merayakan gol kemenangan di kandang Ajax dalam pertandinngan semifinal Liga Champions Eropa, Kamis (9/5/2019) dini hari WIB/Twitter @SpursOfficial

Bisnis.com, JAKARTA – Badan sepak bola Eropa, UEFA akan menerapkan sejumlah aturan baru di kompetisi Liga Champions dan Liga Europa pada musim depan.

Salah satu diantaranya akan mulai diterapkan pada laga Final Liga Champions Tottenham Hotspur vs Liverpool dan Final Liga Europa antara Chelsea vs Arsenal.

UEFA menetapkan sembilan perubahan aturan, setelah bertemu dengan Dewan FA Internasional (International Football Association Board/IFAB), yang terdiri dari empat negara dan empat perwakilan FIFA, di Aberdeen, Maret lalu.

Berikut kesembilan aturan baru itu:

1. Pemain lawan tidak boleh berada di pagar betis atau dinding pemain (defensive walls) saat berlangsungnya tendangan bebas. Mereka diharuskan setidaknya berada satu meter dari pagar betis.

2. Tak ada lagi drop ball. Bola akan langsung diberikan langsung ke penjaga gawang jika permainan dihentikan di dalam kotak penalti. Jika pertandingan dihentikan di luar kotak penalti, maka drop ball akan diberikan untuk tim yang terakhir menyentuh bola. Saat drop ball dilakukan, pemain lain harus berjarak empat meter dari bola.

3. Jika seorang pemain mencetak gol dengan menggunakan bagian tangan dan lengan, bahkan ketika dilakukan secara tidak sengaja, maka itu akan dianggap sebagai sebuah pelanggaran atau handball, sehingga membuat gol dianulir. Biasanya ada kejadian mencetak gol menggunakan lengan atas atau bahu, hal ini akan dianggap handball.

4. Saat menghadapi tendangan penalti, kiper kini hanya perlu meletakkan satu kakinya di garis. Tapi, ia tidak diperbolehkan menyentuh tian gawang, gawang, serta jaring sebelum tendangan dilakukan.

5. Pemain pengganti wajib meninggalkan lapangan di posisi terdekatnya. Ia tidak lagi diwajibkan kembali ke tempat wasit mengatur pergantian, karena dianggap telah membuang banyak waktu.

6. Pelatih dan manajer nanti akan diberikan kartu merah dan kuning jika melakukan pelanggaran. Aturan ini telah diberlakukan di ajang Piala Liga Inggris musim ini.

7. Tendangan gawang atau tendangan bebas di arena kotak penalti tak perlu lagi dilakukan dengan memastikan bola meninggalkan kotak penalti. Namun, pemain lawan tak boleh berada di kotak penalti sebelum bola jadi hidup.

8. Tim yang menang undian di awal laga, bisa memilih bola atau gawang.

9. Setiap tim yang berlaga di final Liga Champions dan Liga Eropa diperbolehkan menempatkan 12 pemainnya untuk duduk di bangku cadangan dan membawa maksimal 23 pemain. Sebelumnya UEFA hanya memberlakukan aturan dengan mendaftarkan 22 pemain dan tujuh di antaranya harus duduk di bangku cadangan pemain. Namun, pergantian tetap tiga orang.

Aturan terakhir, soal pergantian pemain, sudah akan diberlakukan di final Liga Champions dan Liga Eropa musim ini.

Satu aturan lain, soal larangan mencetak gol dari bola rebound saat tendangan penalti dilakukan, ditolak IFAB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Akhirul Anwar
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper