Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bayern Munchen Pertahankan Gelar Bundesliga, Dortmund Kedua

Bayern Munchen berhasil mempertahankan gelar Bundesliga, kompetisi sepak bola teratas di Jerman, setelah dalam pertandingan terakhir menghantam Frankfurt 5 - 1.
Bayern Munchen juara Bundesliga musim 2018 - 2019./Reuters-Andreas Gebert
Bayern Munchen juara Bundesliga musim 2018 - 2019./Reuters-Andreas Gebert

Bisnis.com, JAKARTA – Bayern Munchen berhasil mempertahankan gelar Bundesliga, kompetisi sepak bola teratas di Jerman, tujuh musim beruntun, setelah dalam pertandingan pekan ke-34 atau terakhir menghantam Eintracht Frankfurt dengan skor telak 5 - 1.

Bertarung di Allianz Arena di Munchen pada Sabtu (18/5/2019) malam WIB, Kingsley Coman membawa Munchen unggul sepat pada menit ke-4 dan skor 1 - 0 bertahan hingga rehat.

Memasuki babak kedua, berjalan 5 menit, Sebastien Haller mencetak gol balasan untuk Frankfurt, tetapi selepas itu Munchen menggelontorkan empat gol tambahan lewat aksi David Alaba (53’), Renato Sanches (58’), Frank Ribery (72’), dan Arjen Robben (78’).

Dengan kemenangan itu, Munchen memastikan mempertahankan gelar dan ini merupakan gelar ke-29 sepanjang sejarah Bundesliga, terbanyak di antara tim-tim yang pernah berkompetisi di level teratas sepak bola Jerman.

Kemenangan Munchen itu juga membuat percuma upaya Borussia Dortmund yang pada saat bersamaan mengatasi tuan rumah Borussia Monchengladbach dengan skor 2 - 0 di Stadion Borussia Park di Monchengladbach melalui gol-gol Jadon Malik Sancho (45’) dan kapten Marco Reus (54’).

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Munchen finis di posisi teratas dengan koleksi 78 angka, 2 lebih banyak dibandingkan dengan Dortmund di peringkat kedua.

Bagi Gladbach dan Frankfurt, kekalahan ini melemparkan mereka keluar dari slot tiket Liga Champions. Empat tim yang mendapatkan tiket ke Liga Champions ialah Munchen, Dortmund, RB Leipzig yang finis di posisi ketiga dengan nilai 66, dan Bayer 04 Leverkusen dengan nilai 58 setelah di laga terakhir menang telak 5 - 1 atas Hertha Berlin.

Meski kalah, Gladbach tetap ke kompetisi Eropa musim depan, tetapi hanya di Liga Europa, lebel kedua setelah Liga Champions, karena hanya finis di urutan kelima. Sementara itu, Wolfsburg finis di slot keenam dan masuk jalur kualifikasi Liga Europa.

Di papan bawah, Hannor 96 dan Nuremberg degradasi ke 2.Bundesliga, sedangkan Stuttgart finis di setrip ke-16 yang merupakan slot khusus playoff promosi-degradasi yang digelar dua leg melawan peringkat ketiga 2.Bundesliga yang masih terbuka kemungkinan diisi Paderborn, Union Berlin, atau Hamburg SV.

Adapun yang telah pasti promosi ke Bundesliga adalah Koln yang sudah pasti menjadi juara 2.Bundesliga dengan nilai 62 atau 5 angka dari Padervorn di slot kedua dengan setiap tim menyisakan satu pertandingan lagi.

Hasil pekan ke-34 Bundesliga: Munchen 5 vs Frankfurt 1; Schalke 0 vs Stuttgart 0; Monchengladbach 0 vs Dortmund 2; Hertha Berlin 1 vs Leverkusen 5; Werder Bremen 2 vs Leipzig 1; Freiburg 5 vs Nuremberg 1; Mainz 4 vs Hoffenheim 2; Wolfsburg 8 vs Augsburg 1; Dusseldorf 2 vs Hannover 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper