Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahalnya Nonton Final Liga Champions Liverpool vs Tottenham

Final Liga Champions yang mempertemukan dua tim Inggris Liverpool dan Tottenham Hotspur diprediksi berdampak pada layanan bandara Madrid.
Georginio Wijnaldum merayakan gol saat Liverpool menghajar Barcelona 4-0 dalam pertandingan semifinal Liga Champions Rabu (8/5/2019)/REUTERS
Georginio Wijnaldum merayakan gol saat Liverpool menghajar Barcelona 4-0 dalam pertandingan semifinal Liga Champions Rabu (8/5/2019)/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Final Liga Champions yang mempertemukan dua tim Inggris Liverpool dan Tottenham Hotspur akan digelar pada 1 Juni 2019 atau Minggu (2/6/2019) dini hari WIB.

Pertandingan sepakbola antarklub kasta tertinggi benua Eropa ini akan berlangsung di stadion markas Atletico Madrid yakni Wanda Metropolitano. Event akbar ini tentu saja menyita perhatian suporter kedua tim maupun tuan rumah kota Madrid yang akan diserbu ratusan ribu orang.

Dilansir Daily Mail, bandara Madrid akan terkenda dampak langsung mendekati hari pertandingan final dalam melayani ribuan fans yang melakukan perjalanan udara. 

Diperkirakan 150.000 suporter akan melakukan perjalanan ke Spanyol baik yang memiliki tiket maupun tidak. Sedangkan suporter yang menggunakan pesawat terbang melalui bandara Madrid diprediksi 60.000 orang.

Kapasitas normal bandara Madrid adalah 2.000-3.000 penumpang perjam. Namun dengan serbuan suporter dari Inggris tersebut diperkirakan melonjak menjadi 6.000 per jam maka antrean panjang layanan paspor bakal terjadi.

Mahalnya Nonton Final Liga Champions Liverpool vs Tottenham

Glen Phillips, juru bicara sebuah layanan sewa pesawat menyarankan kepada suporter agar memilih rute penerbangan melalui Valencia atau Zaragoza untuk menghindari penuhnya bandara Madrid.

Dari Valencia menuju Madrid bisa ditempuh melalui perjalanan darat kurang lebih 3,5 jam. Dari Zaragoza pun kurang lebih waktu tempuhnya sama.

"Kami menyiapkan 12 penerbangan pesawat komersial untuk final Liga Champions dengan kapasitas total lebih dari 2.000 penumpang dan sejumlah jet pribadi," kata Phillips.

Phillips juga menyediakan kendaraan mewah dari Valencia dan Zaragoza menuju Madrid. Perjalanan ini lebih santai dibandingkan harus menghadapi kekacauan antrean panjang layanan paspor di bandara Madrid.

Harga tiket pesawat dari rute Inggris ke Madrid melonjak dengan cepat setelah Liverpool dipastikan menjadi tim pertama yang lolos ke babak final. 

Beberapa jam setelah pertandingan semifinal leg kedua melawan Barcelona berakhir, harga tiket pesawat mencapai lebih dari 750 pound sterling setara Rp13,9 juta untuk satu kali perjalanan pada hari sebelum laga final.

Fans kedua kubu tim harus menghadapi mahalnya biaya akomodasi mulai dari tiket pesawat, hotel dan tiket masuk stadion yang totalnya mencapai ribuan pound sterling.

Liverpool hanya diberi jatah 16.613 tiket untuk final di Madrid sehingga suporter harus berebut mendapatkannya.

Harga termurah kursi suporter di stadion Wanda Metropolitano mulai dari 60 pound streling setara Rp1,1 juta dan yang paling mahal 513 pound sterling setara Rp9,5 juta. 

Harga Tiket Final Liga Champions Eropa Liverpool vs Tottenham Hotspur :

Kategori 1 : 513 pound sterling (Rp9,5 juta) dan 410 pound sterling--pandangan terbatas-- (Rp7,6 juta)

Kategori 2 : 385 pound sterling (Rp7,1 juta) dan 308 pound sterling--pandangan terbatas-- (Rp7,1 juta)

Kategori 3 : 154 pound sterling (Rp2,8 juta) dan 154 pound sterling--pandangan terbatas-- (Rp2,8 juta)

Kategori 4 : 60 poun sterling (Rp1,1 juta)

Perkiraan jumlah tiket masing masing kategori :

Kategori 1 : 5 persen

Kategori 2 : 21 persen

Kategori 3 : 54 persen

Kategori 4 : 20 persen

Untuk harga tiket dengan pandangan terbatas pun bisa mencapai Rp7,6 juta. Harga di atas bisa lebih tinggi jika tiket diperoleh dari tangan kedua.

Suporter Tottenham Hotspur melayangkan permintaan kepada klub untuk memberikan subsidi harga tiket pertandingan final Liga Champions. Namun klub menolak permintaan tersebut karena akan berpengaruh terhadap insentif.

Tottenham berharap kepada UEFA ke depan harga tiket bisa disesuaikan dengan kemampuan suporter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper