Skomina Wasit Final Liga Champions, Isyarat Liverpool Bakal Kalah

Damir Skomina sebagai wasit pertandingan laga final Liga Champions Eropa. Fakta menunjukkan Liverpool empat kali kalah saat laga dipimpin pengadil asal Slovenia tersebut.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 16 Mei 2019  |  02:01 WIB
Skomina Wasit Final Liga Champions, Isyarat Liverpool Bakal Kalah
Wasit Damir Skomina (tengah) mendapat protes para pemain Liverpool (merah) saat pertandingan melawan Napoli di fase grup Liga Champions Eropa pada Desember tahun lalu. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Union of European Football Associations (UEFA) menunjuk Damir Skomina sebagai wasit pertandingan laga final Liga Champions Eropa pada 2 Juni dini hari WIB antara dua klub Liga Primer Inggris, Liverpool dan Tottenham Hotspur.

Penunjukan pengadil berkebangsaan Slovenia itu bolah jeadi pertanda buruk bagi Liverpool akan gagal dua musim beruntun di final kompetisi antarklub level teratas di Eropa tersebut.

Skomina telah lima kali memimpin pertan dingan yang melibatkan Liverpool dan klub Merseyside menemui kenyataan buruk menelan empat kekalahan dan hanya satu kali menang.

Wasit berusia 42 tahun itu pertama kali memimpin pertandingan Liverpool saat The Reds kalah 1 - 2 di Stadion Anfield dari klub Serie A Italia Fiorentina pada 9 Desember 2009 di fase grup Liga Champions.

Berselang 6 tahun kemudian Liverpool kalah lagi dari klub Turki Besiktas dan klub Spanyol Villarreal di ajang Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions, masing-masing dengan skor 0 - 1.

Liverpool menyerah di markas Besiktas pada 26 Februari 2015 dan pada 28 April tahun yang sama ditaklukkan tuan rumah Villarreal.

Skomina juga mewasiti laga Liverpool saat tim yang baru menjadi runner up Liga Primer Inggris musim 2018 - 2019 itu kalah 2 - 4 di leg kedua semifinal Liga Champions 2017 - 2018 dari tuan rumah AS Roma dengan dua gol di antaranya dicetak pemain verdatah Indonesia, Radja Nainggolan.

Beruntung ketika itu Liverpool telah memenangi laga leg pertama semifinal dengan skor 5 - 2 di Anfield sehingga lolos ke final dengan skor agregat 7 - 6 meski kalah di laga puncak 1 - 3 dari Real Madrid.

Liverpool akhirnya bisa memenangi pertandingan yang dipimpin Skomina ketika menaklukkan wakil Italia Napoli 1 - 0 di fase grup Liga Champions musim ini pada 11 Desember tahun lalu.

Skomina tercatat dua kali memimpin pertandingan Tottenham yakni ketika kalah 3 - 4 dari Inter Milan pada 2010 dan imbang 2 - 2 kontra Benfica 4 tahun kemudian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
liga champions, Liverpool, tottenham

Sumber : The Sun

Editor : M. Syahran W. Lubis
Top