Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Lengkap Liga Italia : Hajar Juventus 2 - 0, Roma Bidik Liga Champions

Roma memperpanjang harapan untuk finis setidaknya di slot keempat klasemen Serie A Itala demi mendapat tiket ke Liga Champions Eropa setelah menghantam Juventus.
Bomber AS Roma Edin Dzeko/Reuters-Albert Gea
Bomber AS Roma Edin Dzeko/Reuters-Albert Gea

Bisnis.com, JAKARTA – AS Roma memperpanjang harapan untuk finis setidaknya di slot keempat klasemen Serie A Itala demi mendapat tiket ke Liga Champions Eropa setelah menghantam Juventus, yang telah dipastikan juara, dengan skor 2 - 0.

Dalam pertandingan pekan ke-36 pada Senin (13/5/2019) dini hari WIB, dalam pertarungan di Stadion Olimpico Roma, tim ibu kota tersebut mencatat kemenangan berkat dua gol yang dilesakkan Alessandro Florenzi pada menit ke-79 dan Edin Dzeko ketika laga telah memasuki waktu tambahan.

Dzeko bukan hanya berhasil menggandakan tuan rumah berjuluk I Lupi alias Serigala, melainkan juga memasok assist untuk gol pertama yang memecah kebuntuan akibat perlawanan sengit Juventus meski Si Nyonya Tua tidak memerlukan poin lagi lantaran sudah memastikan mempertahankan gelar.

Dengan kemenangan tersebut, Roma kini mengumpulkan nilai 62 dan menempati peringkat keenam yang merupakan slot khusus untuk masuk jalur kualifikasi Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa kelas dua setelah Liga Champions.

Perolehan nilai Roma yang 62 itu sama dengan AC Milan yang berada di setrip kelima, tetapi Roma harus satu setrip di bawahnya karena kalah head to head walaupun unggul selisih gol 17 berbanding 16 milik Milan.

Kini Roma dan Milan berjarak 1 angka saja di belakang Inter Milan di posisi keempat atau slot terbawah zona tiket Liga Champions musim depan. Namun, Inter berpotensi menjauhi Milan dan Roma jika mampu menaklukkan Chievo Verona pada Selasa (14/5/2019) mulai pk. 02.00 WIB.

Dalam pertandingan lain, Empoli memperpanjang harapan untuk bertahan di Serie A musim depan dengan mencatat kemenangan 2 - 1 atas tuan rumah Sampdoria di Stadion Luigi Ferraris di kota pelabuhan Genoa.

Ketiga gol terjadi di babak kedua. Empoli sempat unggul dua gol setelah Diego Farias membuka skor pada menit 56 dan Giovanni di Lorenzo menggandakan keunggulan tamu pada menit 75 ke gawang Sampdoria yang dikawal Emil Audero Mulyadi.

Gol Di Lorenzo ini memanfaatkan bola rebound hasil tendangan penalti Francesco Caputo yang sempat diblok Emil Mulyadi, penjaga gawang berdarah Indonesia kelahiran Mataram, Nusa Tenggara Barat, 22 tahun lalu.

Wasit Daniele Doveri menetapkan penalti setelah pemain belakang Sampdorio Lorenzo Tonelli melanggar Diego Farias di area kotak terlarang.

Sementara, satu-satunya gol balasan tuan rumah dicetak dari titik penalti yang sukses dieksekusi penyerang gaek berusia 36 tahun Fabio Quagliarella ketika pertandingan babak kedua sudah memasuki waktu tambahan.

Wasit Doveri kembali menetapkan penalti, kali ini untuk tuan rumah, lantaran bek Empoli Frederic Vaseli melanggar penyerang Sampdoria Marco Sau.

Dengan kemenangan itu, Empoli memang belum keluar dari zona degradasi, tepatnya di peringkat ke-18 dengan nilai 35 atau hanya berjarak 1 angka dari batas aman. Dengan masih menyisakan dua laga lagi, kans Empoli untuk terhindar dari degradasi masih cukup besar.

Adapun dua tim terbawah klasemen sementara yakni Frosinone dan Chievo Verona sudah dipastikan degradasi sehingga harus bertarung di Serie B musim depan.

Hasil pertandingan pekan ke-36 hingga Senin dini hari WIB: Atalanta 2 vs Genoa 1; Cagliari 1 vs Lazio 2; Fiorentina 0 vs AC Milan 1; Torino 3 vs Sassuolo 2; Sampdoria 1 vs Empoli 2; Frosinone 1 vs Udinese 3; SPAL 1 vs Napoli 2; AS Roma 2 vs Juventus 0.

Jadwal berikutnya: Selasa, 14 Mei pk. 00.00 Bologna vs Parma, pk 02.00 Inter Milan vs Chievo Verona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper