Semangat Kolektif dan Keyakinan Kunci Liverpool Juara

Jürgen Klopp telah menanamkan semangat tim penting ke dalam skuad.
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 25 April 2019  |  01:35 WIB
Semangat Kolektif dan Keyakinan Kunci Liverpool Juara
Jurgen Klopp - Reuters/Phil Noble

Bisnis.com, JAKARTA – Legenda Liverpool FC, Ian Rusdih mengungkapkan kunci kesuksesan Liverpool FC atau LFC yang tengah memburu dua gelar juara di Liga Premier dan Liga Champions Eropa, terletak pada sentuhan sang pelatih Jurgen Klopp.

Dikutip dari Liverpoolfc.com, Rabu (24/4/2019), menurut Rush, Jürgen Klopp telah menanamkan semangat tim penting ke dalam skuad. Semangat kolektif dan percaya akan kemampuan skuad.

The Reds tetap dalam perburuan dua trofi musim ini, memegang keunggulan dua poin atas Manchester City di Liga Premier. Satu lagi, LFC telah masuk putaran semifinal Liga Champions melawan FC Barcelona yang akan datang.

Tekad kolektif Liverpool telah menjadi dasar bagi kesuksesan LFC saat ini. Rush melihat, Klopp merupakan faktor kunci karena menghasilkan persahabatan seperti itu.

“Saya pernah ke sesi latihan dan saya melihat para pemain Liverpool tertawa dan bercanda di antara berbagai hal, tetapi ketika mereka bekerja, mereka bekerja,” kata pencetak gol terbanyak The Reds sepanjang masa itu.

“Dan ketika mereka beristirahat, mereka berbicara satu sama lain, mereka menikmati kebersamaan satu sama lain, mereka merangkul satu sama lain dan itu datang dari manajer,” puji Rush.

Rush menambahkan sewaktu dulu LFC menjadi raja di Eropa, terlihat dalam semangat kolektif. “Ketika saya bermain, saya akan 100 persen mengatakan alasan utama kami begitu sukses adalah karena semangat tim kami, di ruang ganti, kami memiliki olok-olok dan tawa dan lelucon, tetapi ketika kami pergi ke lapangan kami serius, dan keberhasilan yang kami miliki adalah semangat tim,” tukasnya.

"Individu bisa memenangkan pertandingan, tetapi hanya tim yang bisa memenangkan liga dan aku bisa melihat itu di Jürgen Klopp dan timnya sekarang," kata Rush.

Pada perebutan tahta juara liga, LFC bersaing ketat dengan City yang harus menghadapi tim sekota Manchester United (MU) dalam sisa pertandingan. “Hanya ada beberapa pertandingan lagi dan selama mereka terus menang, mereka selangkah lebih dekat, tapi saya pikir mereka mulai percaya sekarang bahwa itu bisa dilakukan,” puji Rush.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Liverpool

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup