Jurgen Klopp : Dari Empat Semifinalis 2018, Hanya Liverpool yang Bertahan

Liverpool lolos ke babak semifinal Liga Champions Eropa pada tahun 2018 lalu ditemani klub Real Madrid, AS Roma dan Bayern Munich. Kini tiga klub tersebut sudah tersingkir lebih dulu dan hanya meninggalkan Liverpool sendiri di semifinal.
Akhirul Anwar | 18 April 2019 05:35 WIB
Jurgen Klopp - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Liverpool lolos ke babak semifinal Liga Champions Eropa pada tahun 2018 lalu ditemani klub Real Madrid, AS Roma dan Bayern Munich. Kini tiga klub tersebut sudah tersingkir lebih dulu dan hanya meninggalkan Liverpool sendiri di semifinal. 

"Saya pikir kami hanya satu dari semifinalis tahun lalu yang lolos ke semifinal tahun ini. Itu sangat spesial bagi kami," ujar pelatih Liverpool Jurgen Klopp seusai pertandingan melawan FC Porto, dikutip dari LiveScore, Kamis (18/4/2019).

Liverpool lolos ke babak semifinal setelah membantai FC Porto 4-1 di Porto Portugal dengan agregat 6-1. Klopp mengatakan sempat mengalami kesulitan melawan Porto pada babak pertama namun strateginya berhasil di babak kedua. 

"Di babak kedua jelas energinya Porto menurun sehingga kami bisa mengontrol perainan lebih banyak dan mencetak beberapa gol," katanya.

Empat gol yang dicetak, tiga diantaranya tercipta pada babak kedua. Liverpool agak kesulitan di paruh pertama karena tuan rumah sangat agresif melakukan serangan. 

Pada babak kedua, Klopp melihat FC Porto tidak seagresif pada babak pertama. Tempo permainan pun tidak akan cepat karena energinya sudah menurun. Dalam kondisi lawan mulai lelah, Liverpool memasukkan Jordan Henderson dan Roberto Firmino. 

Henderson adalah gelandang serang yang belakangan cukup tajam dalam memberikan umpan kepada striker. Firmino juga mencetak gol pada leg pertama melalui serangan yang dimotori Henderson. 

"Ini jelas iramanya akan lebih rendah karena mereka tidak dapat mengatasi irama yang dimiliki pada 30 menit pertama. Itulah mengapa kami ingin melakukan ini, jadi kita memasukkan Bobby [Firmino] dan Hendo [Henderson]," imbuh Klopp.

"Kami memiliki lebih banyak pengalaman, ini jelas. Kami memiliki banyak kesulitan laga tandang di [Manchester] City tahun lalu, di Roma tahun lalu dan kita tahu ini akan sama. Mereka [FC Porto[ akan berbeda ketika tampil di kandang dan ini jelas kami akan siap untuk itu."

Menghadapi Barcelona :

"Ini untuk pertama kalinya bermain dengan mereka, seain pertandingan persahabatan dan tentu kami akan menantikan untuk itu"

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
liverpool

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup