Hasil Kualifikasi Euro : Inggris, Prancis Menang Telak Lagi, Portugal Tersandung Lagi, Ronaldo Cedera

Inggris dan Prancis kembali menang telak dalam kualifikasi Euro 2020, sebaliknya Portugal dengan Cristiano Ronaldo-nya kembali tertahan di kandang.
M. Syahran W. Lubis | 26 Maret 2019 07:32 WIB
Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo cedera ketika timnya dipaksa imbang 1 - 1 oleh Serbia. - Reuters/Rafael Marchante

Bisnis.com, JAKARTA – Inggris dan Prancis kembali menang telak dalam kualifikasi Euro 2020, sebaliknya Portugal dengan Cristiano Ronaldo-nya kembali tertahan di kandang dalam pertandingan pada Selasa (26/3/2019) dini hari WIB.

Inggris menghantam Montenegro 5 - 1, sedangkan Prancis menundukkan Islandia 4 - 0. Sementara itu, Portugal ditahan imbang 1 - 1 oleh Serbia, hasil seri kedua beruntun ketika bertindak sebagai tuan rumah.

Bermain di Stadion Pod Goricom di Podgorica dalam pertandingan Grup A, tuan rumah Montenegro sempat mengejutkan Inggris dengan membuka skor pada menit ke-17 lewat aksi Marko Vesovic.

Inggris mulai bangkit pada menit ke-30 dengan gol balasan Michael Keane dengan assist Ross Barkley.

Berselang 8 menit kemudian, B arkley mencatatkan nama di papan skor sekaligus membawa Inggris berbalik unggul 1 - 2, yang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, tepatnya menit 59, Barkley kembali menjebol gawang Montenegro, skor 1 - 3. Inggris akhirnya unggul 1 - 5 berkat tambahan dua gol dari kapten Harry Kane (71’) dan Raheem Sterling (80’).

Hasil laga lain Grup A, Kosovo meraih hasil imbang 1 - 1 ketika menjamu Bulgaria. Ini jelas hasil bagus bagi negara kecil yang baru pertama kali terlibat di kualifikasi Euro.

Dengan hasil dua laga itu, Inggris memuncaki klasemen Grup A dengan nilai 6 setelah pekan lalu di matchday pertama menghantam Republik Cheska 5 - 0.

Empat tim lain belum ada yang mencatat kemenangan. Bulgaria di slor kedua dengan nilai 2 hasil dua kali imbang, diikuti Kosovo dan Montenegro masing-masing 1, sedangkan Republik Cheska di dasar klasemen tanpa nilai.

Kemenangan telak juga didapat Prancis yakni 4 - 0 atas tamunya Islandia saat bertanding di Stade de France di Paris di Grup H. Empat gol Les Bleus dicetak Samuel Umtiti (12’), Olivier Giroud (68’), KylianMbappe (78’), dan Antoine Griezmann (84’).

Di dua laga lain Grup H, Turki juga menang 4 - 0 atas tamunya Moldova, sedangkan Albania menghantam tuan rumah Andorra tiga gol tanpa balas.

Dengan hasil itu, Prancis dan Turki menempati posisi dua teratas klasemen Grup H masing-masing dengan nilai 6. Pekan lalu Prancis memang 4 - 1 di Moldova, sedangkan Turki menang 2 - 0 di Albania.

Peringkat ketiga dan keempat klasemen sementara Grup H ialah Albania dan islandia masing-masing mengoleksi 3 poin, sedangkan Andorra dan Moldova menempati posisi dua terbawah tanpa nilai.

Di Grup B, Ronaldo gagal membawa kemenangan bagi Portugal dan hanya meraih seri kedua beruntun di kandang. Setelah seri tanpa gol ketika menjamu Ukraina pekan lalu, kini Portugal dipaksa imbang 1 - 1 oleh Serbia.

Bermain di Stadion Benfica di Lisbon, tuan rumah Portugal bahkan tertinggal lebih dulu akibat gol penalti Dusan Tadic pada menit ke-7.

Pada menit ke-31 Portugal kehilangan Ronaldo yang mengalami cedera hamstring sehingga mesti digantikan Pizzi alias Luis Miguel Duarte.

Tanpa Ronaldo, Portugal justru berhasil melesakkan gol balasan 4 menit menjelang rehat melalui kontribusi Danilo Pereira.

Klasemen sementara Grup B dipuncaki Ukraina dengan nilai 4 setelah menang susah paytah atas tim lemah Luksemburg 2 - 1, itu pun akibat gol bunuh diri lawan di injuury time babak kedua.

Bertanding di Stadion Josy Barthel di Luksemburg, tuan rumah unggul lebih dulu pada menit ke-34 lewat aksi David Turpel, dan Ukraina membalas 6 menit kemudian melalui Viktor Tsygankov.

Ukraina baru berhasil mendapat gol kemenangan setelah gelandang Luksemburg Gerson Rodriguez membuat gol bunuh diri ketika waktu tambahan babak kedua berjalan 3 menit.

Di bawah Ukraina, slot kedua klasemen sementara Grup B diisi Luksemburg dengan nilai 2, sedangkan Portugal di tempat ketiga dengan nilai 2, diikuti Serbia 1, dan Lithuania 0.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas portugal, timnas inggris, timnas prancis, Euro 2020

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top