Burundi, Madagaskar, Mauritania Pertama Kali Lolos ke Piala Afrika

Burundi lolos ke final putaran final Piala Afrika untuk pertama kalinya setelah mampu mengendalikan permainan striker Gabon Pierre-Emerick Aubameyang.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 24 Maret 2019  |  07:55 WIB
Burundi, Madagaskar, Mauritania Pertama Kali Lolos ke Piala Afrika
Pelatih Burundi Olivier Niyungeko (tengah) merakan tim asuhannya lolos ke putaran final Piala Afrika 2019. - iol.co.za

Bisnis.com, JAKARTA – Burundi lolos ke final putaran final Piala Afrika untuk pertama kalinya setelah mampu mengendalikan permainan striker Gabon Pierre-Emerick Aubameyang untuk mendapatkan poin yang mereka perlukan dengan hasil imbang 1 - 1 pada Sabtu (23/3/2019) malam WIB.

Sementara Burundi hanya perlu bermain imbang, tim tamu Gabon, yang menjadi tuan rumah final terakhir pada 2017, harus menang di Bujumbura untuk bergabung dengan juara Grup C Mali untuk lolos ke putaran final yang melibatkan 24 tim di Mesir pada Juni dan Juli.

Burundi bergabung dengan Madagaskar dan Mauritania yang juga maju ke putaran final untuk pertama kalinya dan prestasi mereka memicu perayaan liar di negara kecil Afrika timur itu.

Upaya Burundi menjebol gawang lawan dicegah berulang kali sepanjang pertandingan oleh kiper veteran Gabon Didier Ovono sebelum Cedric Amissi akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-75.

Namun, perayaan tertunda sampai peluit akhir saat Gabon menyamakan kedudukan dengan 8 menit tersisa ketika bek Burundi Omar Ngandu mengubah bola ke gawangnya sendiri.

Striker Gabon Arsenal Aubameyang gagal membantu Gabon untuk mendapatkan gol kedua yang mereka perlukan untuk mencapai putaran final.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala afrika

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top