Hasil Kualifikasi Euro 2020 : Diwarnai Dua Penalti, Spanyol Tundukkan Norwegia

Spanyol memulai kampanye mereka di babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 dengan kemenangan tipis 2 - 1 atas tamunya Norwegia.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 24 Maret 2019  |  07:00 WIB
Hasil Kualifikasi Euro 2020 : Diwarnai Dua Penalti, Spanyol Tundukkan Norwegia
Kapten Timnas Spanyol Sergio Ramos setelah mencetak gol kemenangan timnya dari titik penalti ke gawang Norwegia. - Reuters/Heino Kalis

Bisnis.com, JAKARTA – Spanyol memulai kampanye mereka di babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 dengan kemenangan tipis 2 - 1 atas tamunya Norwegia di Stadion Mestalla di Valencia dalam pertandingan di Grup F pada Minggu (24/3/2019) pagi WIB.

Kapten Spanyol Sergio Ramos kembali mencetak penalti ala Panenka untuk memberi timnya kemenangan kandang 2 - 1 atas Norwegia, tetapi hasil tersebut jauh dari penampilan meyakinkan dari tim vesutan Luis Enrique.

Tendangan penalti ala Panenka ialah hanya mencongkel bola dan biasanya mengelabui kiper lawan yang cenderung menebak tendangan akan mengarah ke kiri atau kanan gawang. Tendangan ini pertama dilakukan Antonin Panenka, pemain Cekoslowakia, di final Piala Eropa 1976 ke gawang Jerman Barat yang dikawal Sepp Maier.

Spanyol melakukan awal yang bagus dan memimpin laga ketika Rodrigo Moreno melakukan tendangan voli dari jarak dekat menyambut umpan Jordi Alba pada menit ke-16 dan terus mendominasi jalannya pertandingan.

Norwegia, yang hanya melakukan sedikit serangan, menyamakan skor pada menit ke-65 dengan penalti striker Joshua King, yang menghantam bola melewati kiper David de Gea. Penalti diputuskan wasit Andris Treimanis (Latvia) setelah Inigo Martinez menjatuhkan Bjorn Johnsen.

Spanyol mendapat tendangan penalti 6 menit kemudian setelah Alvaro Morata dijegal kiper Norwegia Rune Jarstein. Ramos mengeksekusi penalti ala Panenka untuk kelima kalinya musim ini dan kedelapan sepanjang kariernya.

Luis Enrique mengatakan tim asuhannya seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol, tetapi dia mengaku senang dengan penampilan Ramos dan kawan-kawan.

"Kami harus menghargai semua hal positif yang kami lakukan hari ini. Saya pikir kami pantas menang 5 - 1 atau 6 - 1, tetapi dalam sepak bola gol adalah satu-satunya hal yang penting," tuturnya.

"Saya senang dengan segalanya, sikap, cara kami bermain setelah berlatih keras sepanjang pekan dan karena menciptakan peluang melawan tim yang bertahan. Sayang, kami kebobolan penalti, tapi kami menemukan solusi dan menyadari bahwa jika Anda ingin menang, Anda harus menderita," kata Enrique.

Dalam pertandingan lain di Grup F, Swedia dan Malta juga mencatat kemenangan 2 - 1 atas tamu-tamu mereka. Swedia menaklukkan Rumania, sedangkan Malta menekuk Kepulauan Faroe.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas spanyol, Euro 2020

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top