Nasib Ezra Walian Terhadang FIFA, Bagaimana Nasib Kelima Pemain Keturunan Ini?

Ezra Walian gagal membela timnas Indonesia setelah KNVB memberikan nota ke AFC kalau sang pemain pernah membela timnas Belanda. Namun, selain Ezra, ternyata ada pemain keturunan lainnya yang mau main di timnas Indonesia loh. Simak sosoknya di sini
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 22 Maret 2019  |  15:06 WIB
Nasib Ezra Walian Terhadang FIFA, Bagaimana Nasib Kelima Pemain Keturunan Ini?
Ezra Walian - Instagram

Bisnis.com, Jakarta – Ezra Walian yang sempat dipanggil timnas telah membuka harapan para pemain keturunan lainnya di Belanda untuk bisa berkostum garuda. Berikut, sosok-sosok yang tertarik bergabung dengan timnas Indonesia.

Baru-baru ini nama Ezra Walian kembali ramai diperbincangkan setelah partisipasinya untuk membela Timnas U-23 Indonesia dalam gelaran Kualifikasi Piala Asia U0-23 2020 dijegal otoritas sepak bola tertinggi Asia AFC.

Status legalitas Ezra dipertanyakan karena sebelumnya sempat membela Timnas U-17 Belanda. Kala itu ia melakoni dua pertandingan melawan San Marino dan Georgia.

Terlepas dari permasalahannya tersebut, Ezra bisa dibilang beruntung karena merupakan warga keturunan Belanda-Indonesia yang dipanggil oleh timnas.

Selain Ezra, ternyata masih ada sejumlah nama pemain keturunan yang merumput di Belanda, tertarik untuk mengabdi bagi Timnas Indonesia. 

Siapa saja mereka? Berikut daftar lengkapnya.

 

1. Gaston Salasiwa (Gelandang Tengah & Bek Kiri)

 

Gaston Salasiwa adalah pesepakbola keturunan Maluku yang merumput bersama Notodden sejak 2018.

Namanya pertama kali mencuat pada 2009 silam saat masih membela sebuah klub Belanda SC Telstar. 

Ia sempat membela Bintang Medan sebanyak 28 kali pada tahun 2008 hingga 2010 dengan mencetak 2 gol. 

Namun Salasiwa akhirnya memutuskan untuk kembali ke Belanda karena adanya dualisme yang mendera persepakbolaan Indonesia pada 2011.

Pria kelahiran 17 Agustus 1988 ini tertarik untuk bermain di timnas karena merasa punya garis keturunan dari sebuah desa kecil bernama Waeputih di Pulau Buru, Maluku.

 

2. Sandy Walsh (Bek Kanan)

 

Sandy Walsh adalah salah satu punggawa muda Belanda yang punya ketertarikan dengan Indonesia. Beberapa kali ia mengungkapkan ingin memakai jersey Timnas Indonesia. 

Tercatat saat Timnas U-23 melawan Suriah pada 2017, Walsh terlihat mengunggah sebuah instastory yang memamerkan deker bergambar Garuda Indonesia. 

Sandy Walsh berpeluang dinaturalisasi karena ia dilahirkan dari ayah Inggris keturunan Irlandia dan ibu kelahiran Swiss-Belanda keturunan Indonesia.

Atas latar belakangnya yang beragam, Walsh punya peluang untuk bermain bagi Indonesia di samping juga untuk Belgia, Republik Irlandia, Swiss, dan Belanda.

 

3. Jordy Tutuarima (Bek Kiri)

 

Jordy Tutuarima merupakan pemain keturunan Indonesia yang merumput untuk klub Belanda De Graafschap. 

Pria kelahiran 28 April 1993 ini pernah mengutarakan keinginannnya bergabung dengan Timnas Indonesia kepada Stefano Lilipaly pada tahun 2017.

Bahkan, ia juga sempat mengunggah sebuah postingan terkait ketertarikannya merumput bersama Irfan Bachdim dan kawan-kawan di ajang Piala AFF 2016.

Sama seperti pemain lainnya, Tutuarima pernah juga bermain untuk Timnas U-17 Belanda dengan mengantongi 4 caps.

 

4. Joey Suk (Gelandang tengah)

 

Joey Suk adalah gelandang kelahiran 8 Juli 1989 yang saat ini bermain untuk klub Kroasia HNK Gorica. 

Ketertarikannya dengan Timnas Indonesia sempat terlihat kala ia mengunggah foto mengenakan seragam latihan Timnas Indonesia di Indonesia, 2 Maret 2018.

Sebenarnya, Suk sudah pernah diproyeksikan untuk masuk ke timnas pada medio 2011.

Kala itu namanya muncul bersama dengan Ruben Wuarbanaran, Stefano Lilipaly, dan Diego Michiels. Namun hingga saat ini, ia belum pernah sama sekali memperkuat Timnas Garuda.

5. Navarone Foor  (Gelandang Serang, Pemain Sayap)

 

Navarone Foor adalah gelandang serang Vitesse yang dikabarkan juga tertarik memperkuat timnas.

Kabar keinginannya untuk membela Skuad Garuda berhembus pertama kali di situs KabareToraja.com

Dalam situs tersebut, saudara Foor di Indonesia membagikan cerita lelaki kelahiran 4 Februari 1992 itu yang tertarik memperkuat timnas.  

"Dia [Foor] bilang jika tidak ada halangan akan lihat kampung halaman ke Toraja pada bulan Okotober [2019]," ujar Arteil Lolo seperti dikutip dari KabareToraja.com.

Kabar keinginan Foor untuk memperkuat timnas lantas menghebohkan publik Indonesia. Netizen lantas ramai-ramai menyambangi akun Instagram pribadi Foor dan bahkan menandai pelatih Timnas Garuda saat itu Simon Mcmenemy.

Mendapat tanggapan positif dari publik Indonesia, Foor lantas memberikan respon. Lewat instastory pada 5 Maret 2019, ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada publik Indonesia.

"Untuk semua fans dari Indonesia, aku minta terima kasih untuk support! Rasa semangat dan bangga dapat support banyak begini! Terima kasih lagi! God bless you all!" tulis Foor. 

Itulah 5 pemain keturunan Indonesia-Belanda yang tertarik memakai panji timnas Garuda. Kalau menurut kamu, siapa yang harus segera dipanggil PSSI?

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas indonesia

Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top